Nih, Harga dan Spesifikasi Superbike BMW Motorrad HP4 Race Serat Karbon

0

NaikMotor – Superbike BMW Motorrad HP4 Race telah ditampilkan dalam Shanghai Auto Show 2017, 21 April 2017. Tetapi superbike BMW Motorrad itu untuk penggunaan track-only.

Pihak BMW Motorrad hanya menyatakan model tersebut sebagai satu dari sepeda motor paling eksklusif yang pernah dibangun. Meskipun prototipenya itu pernah tampil di EICMA Milan November 2016 lalu. Saat EICMA, BMW Motorrad HP4 Race tampil polos menampakkan serat karbon pada rangka dan bodywork. Di Shanghai Auto Show BMW Motorrad HP4 Race itu hadir dalam 3 color seperti warna ciri BMW Motorrad.

BMW Motorrad HP4

Produk eksklusif superbike BMW Motorrad itu hanya diproduksi 750 unit. Dilengkapi rangka serat karbon yang beratnya 7,8 kg, sementara berat keseluruhan sepeda motor 171 itu sudah termasuk bahan bakar penuh di tangkinya. Bobot yang jauh lebih ringan daripada motor balap BMW Motorrad yang digunakan pada Superbike World Championship, sedikit lebih berat daripada motor balap MotoGP.

Spesifikasi lainnya setara dengan motor stock superbikes seperti mesin, elektronik, suspensi dan sistem rem. Sementara saat ini baru sedikit pabrikan yang membuat rangka serat karbon. HP4 Race pun menggunakan pelek berbahan serat karbon, sehingga pelek lebih ringan 30% dibandingkan pelek alloy.

Berbagai komponen lainnya setara dengan spesifikasi balapan dunia. Seperti suspensi depan garpu Öhlins FGR 300 upside down dan swing arm alloy dengan suspensi belakang monoshock TTX 36 GP. Serta piston berlapis titanium, kaliper rem aluminium monoblock Brembo GP4 PR, dan sistem rem yang diambil dari motor balap BMW Motorrad seperti cakram T-Type baja racing.

BMW Motorrad HP4
BMW Motorrad HP4 Race serat karbon diproduksi 750 unit dan harganya Rp 1,2 Miliar. Foto: Rushlane

Mesin HP4 Race milik S1000RR dengan keluaran 215 daya kuda @ 13.900 rpm dan torsi 120 Nm @ 10.000 rpm. Tetapi putaran mesinnya lebih tinggi dari 14.200 menjadi 14.500 rpm. Dengan transmisi racing close ratio 6 percepatan.

Sementara sistem elektroniknya lengkap sistem asistensi, elektronik on-board yang bisa diakses dari dasbor melalui 2D logger. Fitur lainnya Dynamic Traction Control dengan kontrol ignition cut, Engine brake EBR dan Wheelie Control yang bisa diprogram sesuai kebutuhan tiap pengendara nya dan sesuai kebutuhan layout tiap trek serta variasi permukaan aspal trek. Sesuai kebutuhan regulasi balap HP4 dilengkapi pit lane limiter dan launch control.

Superbike BMW Motorrad HP4 Race Serat Karbon dipasarkan dengan harga sekitar Rp 1,2 miliar. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY