Velocette KTT 1949 Eks Isle of Man TT Siap Dilego Rp 2 Miliar

0
Velocette KTT 1949 Pelopor Sepeda Motor Moderen
Velocette KTT 1949 telah memiliki mekanis seperti sepeda motor moderen. Foto: Bonhams

NaikMotor – Velocette KTT 1949 merupakan salah satu pelopor sepeda motor modern dan juga lekat dengan nama pembalap yang menjadi jawara Isle of Man TT 1949, Freddie Frith.

Nama belakang Velocette KTT sendiri ternyata singkatan dari Kam dan Tourist Trophy (TT). Itu merujuk pada desain mesin yang sudah menggunakan double overhead camshaft, di mana Velocette merupakan motor pertama di dunia dengan mengadopsi pengaktif katup model ganda. Sementara pabrikan lain masih menggunakan sistem side valve. Meski demikian, teknologi DOHC-nya masih memanfaatkan bevel gear berupa rangkaian gir bukan sproket dan rantai.

Velocette KTT 1949 Pelopor Sepeda Motor Moderen
Velocette KTT 1949 tunggangan Freddie Frith dalam Isle of Man TT 1949 berhasil direstorasi. Foto: Bonhams

Selain itu, foot control untuk shifting gear pun, Velocette KTT merupakan salah satu pelopornya. Tetapi posisinya masih di kanan saat itu, bukan di kiri seperti saat ini. Pada masa itu, untuk perpindahan gir sepeda motor masih menggunakan tongkat seperti pada mobil dengan pengoperasian kopling dengan kaki.

Sehingga kedua mekanis itu menjadi konfigurasi umum pada mesin dan transmisi sepeda motor modern sekarang. Velocette memperkenalkan KTT sejak 1925 ketika mulai mengikuti TT dengan pembalap Alec Bennet, Gus Kuhn dan Fred Povey yang meraih 10 besar masa itu. Hanya saja camshaft-nya belum ganda.

Velocette KTT 1949 Pelopor Sepeda Motor Moderen
Velocette KTT 1949 yang mengantar Freddie Frith juara. Foto: Bonhams

Barulah pada 1949, Velocette KTT memiliki tenaga keluaran paling besar karena saat itu mesin mampu berevolusi kencang dengan aplikasi DOHC. Sistem pengatur bukaan katup ganda itu dirancang oleh Velocette sebelum Perang Dunia Kedua oleh tim yang dipimpin Charles Udall.

Mesin Velocette KTT 1949 itu mampu berputar hingga 8.000 rpm, lebih cepat 800 rpm daripada SOHC sebelumnya. Pistonnya dibuat dengan cara cetak dan katup buang dibuat dengan campuran sodium agar tahan panas.

Mesin DOHC kapasitas 350cc satu silinder berpendinginan udara pada KTT 1949 itulah yang membawa Freddie Frith dan Bob Foster menjadi Juara Dunia di Isle of Man Tourist Trophy itu pada 1949 dan 1950.

Velocette KTT DOHC 1949 itu hanya dibuat beberapa unit saja dan hanya digunakan untuk keperluan balapan saja. Karena sesuai peruntukannya itu terkadang unit-unit tersebut diurai antara mesin dan rangka untuk memudahkan transportasi dan settingannya.

Velocette KTT 1949 Pelopor Sepeda Motor Moderen
Jejak mesin Velocette KTT 1949. Foto: Bonhams

Beruntung sebuah unit Velocette KTT 1949 pelopor sepeda motor modern yang digunakan Freddie Frith saat juara TT 1949 berhasil dibangun kembali. Motor itu telah melanglangbuana dan mesinnya terakhir diketahui berada di Australia. Kini unit Velocette KTT 1949 350 cc DOHC itu telah direstorasi oleh pabrikan Velocette dengan menyatukan mesin dan rangka aslinya.

Velocette KTT 1949 pelopor sepeda motor modern yang digunakan Freddie Frith saat juara Isle of Man TT itu akan dilelang oleh Bonhams pada 23 April 2017 dalam Spring Stafford Sale. Harganya diperkirakan antara Rp 1,6 hingga 2 Miliar. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*