Ikut Jejak KTM, Husqvarna Turut Perkenalkan Mesin 2 Tak Injeksi

0
Husqvarna Turut Perkenalkan Mesin 2 Tak Injeksi
Husqvarna turut memperkenalkan Mesin 2Tak Injeksi seperti KTM untuk motor enduronya. Foto: Husqvarna

NaikMotor – Pabrikan dirtbike asal Swedia Husqvarna turut perkenalkan mesin 2 tak injeksi. Sebelumnya, KTM telah berhasil menerapkan sistem injeksi bahan bakar untuk mesin 2 langkah pada motor enduro-nya.

KTM menyebut teknologinya itu sebagai Transfer Port Injection atau TPI. Teknologi telah diterapkan pada motor enduro KTM 250 EXC TPI dan 300 EXC TPI yang akan dipasarkan KTM Eropa mulai Mei 2017.

Sementara Husqvarna yang kini dikuasai oleh KTM akan menyusul melalui instalasi model mesin sejenis pada motor enduro dengan platform yang sama untuk model TE 250i dan TE 300i. Kedua model Husqvarna ersebut akan dipasarkan parallel dengan produk satu grupnya pada waktu yang sama.

Mesin berteknologi TPI itu diklaim akan mengurangi konsumsi bahan bakar secara drastis tanpa mengurangi performanya. Serta tak ada lagi ritual untuk mencampur bensin dengan pelumas untuk bahan bakar motor enduro itu.

Pabrikan Swedia itu berharap dengan strategi Husqvarna turut perkenalkan mesin 2Tak injeksi bisa mengembalikan masa kejayaan dirtbike bermesin 2 langkah mereka. Seperti pada masa Rolf Tibblin saat memenangkan Motocross European Championship pada 1959, yang berlanjut pada masa kejayaan motocross di era 1960-70-an. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here