Juri VIP AMD Onno Wieringa Paparkan Kiat Motor Custom Bisa Juara

0
Onno Wieringa
Onno Wieringa juri custom internasional, AMD Intermot Customized. Foto: Afid

NaikMotor – Onno Wieringa pengamat dunia custom dan juga juri VIP di AMD Otoplus Showbike Fighting sekaligus perwakilan dari American Motorcycle Dealer (AMD) promotor World Championship of Custom Bike Building di Intermot, yang awal April 2017 lalu datang ke Indonesia memberikan pemahaman bagaimana menghasilkan sebuah motor custom berkelas.

Onno yang berasal dari Belanda itu mengatakan, “Kuncinya adalah builder harus memiliki ciri khas dalam karyanya. Selain itu karya harus tampil rapi. Selalu fokus pada detail, bahkan meski itu komponen terkecil dari motor custom.”

Onno Wieringa

Penggemar fotografi itu melanjutkan, “Jadi jangan sampai setelah bekerja berbulan-bulan untuk menghasilkan sebuah karya sempurna bahkan sampai 99% misalnya, tetapi bisa tercoreng karena 1% ketidakrapihan. Katakanlah, seperti perkabelan yang tidak tersusun rapi.”

Lebih lanjut pria gempal penyuka kopi Toraja itu menjelaskan, “Satu hal yang terpenting dalam karya custom adalah jangan pernah meniru. Kreasi sendiri dan bangun sendiri motor impian itu akan lebih bernilai.”

Soal biaya custom motor Meneer yang lebih suka dipanggil Bang Onno itu menyatakan, “Custom tidak selalu berkonotasi mahal. Kalau bisa buat sendiri atau mendesain sendiri, kenapa tidak. Hasilnya mungkin justru lebih bagus ketimbang rangkaian produk aftermarket.

Sesuai dengan tren saat ini, pada era llau, sering kita lihat custom bike selalu menggunakan serial karburator mahal, demikian juga dengan kaliper-kaliper rem yang besar-besar. ” Sekarang, tidak perlu cukup satu komponen tetapi dengan detail yang bagus dan pas. Ini pula yang menjadi poin-poin penting di Intermot Customized,” pungkas Onno Wieringa saat menjadi juri lomba custom bertajuk AMD Otoplus Showbike Fighting di acara The 18th International Otobursa Tumplek Blek 2017 yang berlangsung 1-2 April 2017 lalu.

Onno Wieringa

Di kelas FFA yang dilangsungkan, motor custom milik Desu dari Bali rakitan Veroland Kickass Choppers dengan basis Harley-Davidson Panhead 1948 menjadi pemenang yang berhasil mendapatkan Golden Ticket untuk mengikuti 13th AMD World Championship mewakili Indonesia. Acara puncak kejuaraan dunia motor custom versi AMD akan digelar di Intermot Customized di Cologne Exhibition Center (Koelnmesse), Jerman, pada Oktober 2018 (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*