Lembinc. : Antara Desain, Seni dan Inovasi

0

lemb inc. adalah home-based workshop yang sebenarnya bergerak di bidang mock-up/prototype untuk dunia industrial design (product design). lemb inc. adalah konsultan desain dalam bidang produksi untuk mewujudkan desain desain yang dihasilkan perusahaan perusahaan dalam wujud rupa 3 dimensi, yaitu Prototype/Mock-up/Scale Model. Mereka telah banyak merancang untuk kebutuhan produksi aksesori sepeda motor, mobil hingga desain produk lainnya. Adalah Rizqi Pratama, sang pemilik workshop lemb inc., yang lulusan dari product design ITENAS Bandung. Dia mengawali pengalamannya dengan mengutak-atik motor dari basement kampus di sekitar tahun 2007, dan akhirnya memberanikan diri untuk membuat satu brand, yaitu lemb inc.

Didukung oleh pengalaman dan skill di bidang ini desain produk, Rizqi akhirnya mencoba terjun di dunia motor berdasarkan hasrat dan hobinya. saya. Projectnya tidak melulu terbatas hanya “motor” saja, tetapi semua hal yang berbau otomotif dan oldshool. Mulailah namanya mulai santer terdengar dari mulut kemulut,hingga tercium dikalangan komunitas motor. Rizqi mengerjakan semuanya dengan sendirihingga di 2009.Salah satu workshop custom di Bandung, Flying Piston Garage, pernah memesan softmodel dari styrofoam untuk sebuah project custombike. Dan Ini menjadi cikal bakal Rizqi membesarkan brand lemb inc.

Semua project yang price-range- nya di atas rata rata, selalu dibuatkan dulu desain dan softmodelnya, sehingga bentuk dari motor-motor customer lemb inc. bisa mudah terlihat dan nyata. Customer dari lemb inc. kebanyakan motor kecil, namun mereka sering kali mengambil dan menjadikan referensi-referensi dari internet yang kebanyakan adalah moge untuk dijadikan acuan motor mereka. Disinilah softmodel itu berperan untuk menjembatani dan menerjemahkan referensi tersebut agar menjadi pas di motornya.

Styrofoam softmodel ini dibuat berdasarkan acuan referensi dari customer lemb inc. dan diukur sesuai dengan proporsi motor asli ditambah ridernya untuk menentukan riding postion yang masih nyaman tanpa mengurangi estetika, ataupun sebaliknya. Tahap ini dilakukan ketika tahap awal yaitu tahap sketsa sudah di approve oleh customer. Tahapannya adalah menggunakan beberapa cara, yaitu freehand manual, dan digital. Untuk metoda digital, saya menggunakan vector design dengan CorelDraw, sedangkan untuk editing atau photo compile, saya menggunakan Adobe Photoshop.” Passion saya adalah vintage racing, dan
yang paling saya suka adalah gaya Caferacer. Inilah brand image untuk lemb inc,” tukas Rizqi.

Untuk project Cleveland Cyclewerks Kustomfest Bike Build Off, lemb inc. mengambil tema Flying Cub. Nama ini diambil untuk memperkuat kesan kustom dan racing oldskool karena istilah “FLYING” ini sering dipakai di dunia kustom dan racing oldskool. Konsepmya adalah memasukan gaya custom drag dan aliran digger era 70-an. Untuk memperkuat konsepnya, Rizqi memilih cat candy red metalflake ditambah unsur lettering ala drag racing oldskool. Keren kan?

lemb inc.

Owner : Rizqi Pratama
Phone : 085694666992
Facebook : lemb Inc / rpratama13@yahoo.com
Line ID : rizqilembinc
Facebook : Lemb inc. / Rizqi Pratama
Instagram : rizqilembinc
Alamat : Komp Deppen, Jl Anantakupa Raya blok V1, Harjamukti, Cimanggis, Depok

IMG_3510.JPG

IMG_3217.JPG

IMG_3235.JPG

IMG_3514.JPG

LEAVE A REPLY

*