Pria Kanada Berhasil Bangun Chopper dalam 10 Tahun dari eBay.com

0
Pria Kanada Berhasil Bangun Chopper dalam 10 Tahun dari eBay.com
Brian Janes dari Kanada bangun Chopper dalam 10 tahun, dengan komponen dikumpulkan dari listing eBay. Foto: eBay

NaikMotor – Situs e-commerce memang menjajikan apa saja bisa didapatkan, tak heran jika seorang pria Kanada berhasil bangun chopper dalam 10 tahun. Semua komponennya dikumpulkan dan didapat secara online dari situs eBay.com.

Pria Kanada ini, Brian Janes telah bertekad untuk membangun sepeda motor impiannya sejak 2006 dan 10 tahun kemudian Janes bisa mengendarai sepeda motornya untuk pertama kali.

Pria Kanada Berhasil Bangun Chopper dalam 10 Tahun dari eBay.com
Bukan hanya untuk pamer tetapi chopper Janes bisa untuk touring jarak jauh. Foto: eBay

Janes sendiri terinspirasi ketika menyaksikan tayangan bike-building seperti Biker Build-Off dan American Chopper. Kemudian Janes mendapati listing di eBay Motors tentang sebuah chopper oleh Big Dog Motorcycles, lalu berniat untuk membangun sendiri impiannya itu.

Janes waktu itu berencana membangun sebuah chopper V-Twin, tetapi bukan hanya untuk pajangan namun bisa dikendarainya untuk touring.

Chopper milik Janes itu single seat, dengan garpu depan yang diperpanjang sekitar 300 mm daripada biasanya. Untuk bisa mengendalikannya tanpa harus membungkuk, Janes merancang stangnya bermodel pullback.

Mesin V-Twin yang didapat Janes adalah 88CU atau 1.440 cc V-Twin dengan camshaft yang diubah untuk untuk menghasilkan torsi low-end. Sepertinya momentum dari mulai pergerakan lebih penting daripada tenaga puncak dan kecepatan tinggi.

Chopper James itu dilengkapi transmisi 6 percepatan manual dan knalpot free flow ditempatkan di sisi kanan, knalpot berlapis krom itu menghasilkan suara yang berdentum keras jika mesin dinyalakan.

Sesuai rencana, Janes bukan hanya mengendarai chopper berkomponen dari eBay itu untuk kongko di cafe di tempat tinggalnya. Buah ketekunan Janes sehingga berhasil bangun Chopper dalam 10 tahun itu pernah digunakan touring jarak jauh. “Chopper ini bukan hanya untuk pamer. Setelah sebulan berhasil diwujudkan, bersama dua teman saya melakukan touring sejauh 6.000 km dari Kanada Timur hingga negara bagian New England,” klaim Janes.

Untuk berkendara sejauh itu tentu akan ditemui kendala kenyamanan seperti umumnya pada sepeda motor bermodel pangkasan itu. Tetapi Janes telah mengantisipasinya, “Chopper biasa memang didesain hard-tail, tetapi chopper saya dibuat sebagai soft-tail dengan suspensi aktif. Sehingga akan nyaman untuk pengendaraan jarak jauh.” (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here