Waduh, MotoGP Qatar Bisa Dibatalkan Jika Terjadi Kondisi Seperti Ini

0
MotoGP Qatar
Balaapn MotoGP Qatar bisa dihentikan jika hujan. Foto: GPOne

NaikMotor – Kondisi cuaca di Qatar bisa jadi bakal mengubah skenario episode pertama Kejuaraan Dunia MotoGP 2017 yang diagendakan berlangsung Jumat sampai Minggu (24-26/3/2017). Race Director akan membatalkan balapan MotoGP Qatar jika turun hujan deras, seperti saat tes Moto2 dan Moto3 di Sirkuit Losail akhir pekan lalu.

Balapan MotoGP di Sirkuit Losail yang digelar malam hari mengharuskan penggunaan lampu untuk menerangi seluruh area lintasan. Ketika turun hujan, cahaya lampu tersebut akan mengganggu pandangan pembalap. Tentunya hal itu akan mengancam keselamatan mereka saat beradu cepat.

Dua  mantan pembalap yang saat ini bertugas sebagai Safety Officer MotoGP, Loris Capirossi dan Franco Ucini sudah diturunkan untuk menjajal kondisi trek Sirkuit Losail saat kondisi basah.

“Kami ingin memastikan apa yang harus dilakukan saat kondisi (trek basah), jadi kami datangkan Loris dan Franco dan melakukan tes pada malam hari saat kondisi sirkuit sangat basah (setelah hujan). Kesimpulan mereka yakni bukan tidak mungkin untuk balapan dalam kondisi trek basah,” urai Race Director MotoGP, Mike Webb dikutip dari Motorcyclenews.

Webb akan memberikan kesempatan untuk pembalap dan tim peserta MotoGP memberi masukan soal keputusan dilanjutkan atau tidaknya balapan jika turun hujan saat hari balapan. Saat ini, tim MotoGP hanya sepakat untuk tidak menggunakan lampu rem saat melakukan balapan malam dalam kondisi hujam, karena bisa semakin mengacaukan pandangan pembalap di belakang.

“Belum ada keputusan final apakah kami akan melanjutkan balapan saat hujan (di Qatar), tapi kami sudah menginformasikan kepada tim untuk bersiap melakukan tes (latihan) saat hujan, jadi mereka bisa memberi tahu kami seperti apa kondisinya, apakah bisa untuk balapan atau harus mengambil keputusan lain, ungkap Webb. “Kami tidak akan melanjutkan balapan kecuali semua pembalap yang melakukan tes (saat hujan) setuju untuk melanjutkan balap,” tegasnya.

Terakhir kali hujan menghalangi balapan MotoGP Qatar terjadi tahun 2009, dan saat itu race director memutuskan untuk menunda balapan selama 24 jam sampai senin malam.

Sementara itu, Michelin sudah menyiapkan ban basah untuk mengantisipasi perubahan cuaca di Qatar. Tapi, jika balapan MotoGP bisa dilakukan saat hujan, tidak begtu dengan para pembalap di kelas Moto2 dan Moto3, karena Dunlop tidak menyediakan ban basah untuk mereka. (Yudistira/nm)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here