Unik, Skuter CZ Cezeta Reinkarnasi Nongol Setelah 60 Tahun Menghilang

0
Skuter CZ Cezeta Reinkarnasi
Skuter Čezeta Type 506 reinkanasi skuter yang dijuluki babi pada 1950-1960. Foto: Cezeta

NaikMotor – Skuter klasik produk Cekoslovakia yang memiliki kemiripan dengan desain Lambretta ini mungkin tak begitu dikenal, tetapi kini replika skuter CZ Cezeta reinkarnasi versi moderen berpenggerak listrik, akan diproduksi lagi setelah 60 tahun menghilang.

Pabrikannya sendiri Česká Zbrojovka Strakonice atau CZ telah bubar sejak 20 tahun lalu. Meski memiliki nama Ceko tetapi pabrikan itu berada di Slovakia, setelah Cekoslovakia pun bubar menjadi Republik Ceko dan Slovakia pada 1990-an.

CZ sendiri lebih dikenal sebagai pabrikan yang menghasilkan sepeda motor offroad tangguh. Pada era 1960-an mampu menjadi 7 kali juara dunia motocross dalam International Six Days di kelas 250 cc dan 500cc, serta pada 1950 pernah berkiprah dalam balapan Grand Prix.

CZ kini dimiliki seorang pengusaha Inggris, Neil Eamonn Smith sejak 2013 sebagai Čezeta Motors. Dan pada 2016 dibangun kembali pabrik perakitannya di Prostějov, dekat Praha, ibukota Czech Republic.

Skuter Čezeta Reinkarnasi

Čezeta adalah skuter pada zaman dimulainya Perang Dingin antara blok Barat dan blok Timur 1957-1964 dalam berbagai seri, mulai Type 501, 502 dan 505 trike. Desainnya yang unik sering menjadi bahan olok-olok pihak Barat. Dengan bagian fender depan yang panjang menyatu dengan bodi, dan dengan ujung dilengkapi lampu utama, tak pelak skuter blok Timur itu disebut Babi. Dan pada moncongnya itu letak tangki bahan bakarnya, unik, bukan?

Čezeta pada masanya dikenal sebagai skuter yang kuat dan andal, dilengkapi mesin 2 langkah satu silinder 175 cc. Dan berstruktur monokok seperti umumnya skuter pada masa itu.

Kini, skuter CZ Cezeta reinkarnasi itu meski masih dipertahankan desain depan bergaya kaku,  tetapi telah mendapatkan sentuhan modern berkode Čezeta Type 506 sebagai kelanjutan nama model pendahulunya 505.

Skuter Čezeta Reinkarnasi

Versi modern Cezeta dibangun dengan rangka tubular dan ditutupi panel bodi berbahan komposit, karena bodi monokok dianggap terlalu mahal biaya produksinya.

Sementara untuk penggeraknya menggunakan motor listrik yang diletakkan di hub roda belakang berdaya 11 kW atau setara 14,8 daya kuda. Motor tersebut akan membuat skuter mampu meraih kecepatan puncak 120 km/jam dan berakselerasi 0-96 km/jam dalam 3,2 detik. Performa yang setara dengan skuter 300 cc.

Skuter Čezeta Reinkarnasi

Sebagai pengontrol daya, Type 506 dilengkapi sistem manajemen elektronik yang dikembangkan oleh tim dari Fakultas Electrical Engineering di Universitas Charles Praha. Sistem memungkinkan sistem selektor seperti transmisi skuter manual 3 percepatan dan 1 gir mundur mirip pada Bajaj 3 wheeler. Meskipun sebenarnya itu adalah pengaturan keluaran torsi untuk model full throttle, city dan rain.

Type 506 dilengkapi sistem seperti pengereman regeneratif, ketika grip ‘gas’ ditutup, maka akan seperti sedang engine braking pada mesin konvensional, tetapi sesungguhnya saat itu sedang terjadi perubahan fungsi motor menjadi generator kinetik untuk pengisian listrik meski hanya maksimal 15% saja.

Skuter Čezeta Reinkarnasi

Baterai Type 506 ditawarkan dalam 2 pilihan kapasitas, 4 kWh/84V atau 6 kWh/84V, yang terdiri atas stack Panasonic 18650 LiFeYPO4. Dan untuk pengisiannya melalui on-board charger 1,8 kW dari jala-jala listrik rumahan, yang butuh sekitar 2-3 jam pengisian untuk 80% kapasitas. Tetapi jika dengan fast charger hanya butuh 30 menit saja untuk kapasitas yang sama. Dengan kapasitas demikian, Type 506 akan mampu menempuh jarak 80 (4 kWh) dan 150 km (6kWh).

Type 506 pun ditawarkan dengan berbagai perlengkapan berkendara gaya hidup masa kini. Seperti lampu utama LED, koneksi smartphone, JW speaker model 8790, Bluetooth speaker system dan GPS/GSM, serta aplikasi koneksi dengan sistem manajemen pusat.

Skuter CZ Cezeta reinkarnasi Type 506 hanya akan dibuat sebanyak 600 unit, dengan pasar Eropa, Amerika Serikat, Australia dan Asia. Akan dipasarkan dengan harga sekitar Rp 109 juta. (Afid/nm)

Skuter Čezeta Reinkarnasi

LEAVE A REPLY

*