Semoga Jaya Motor Raih Keuntungan Jadi Bengkel Rekanan Federal Oil

0
Bengkel rekanan Federal Oil
Sunaryo, pemilik Semoga Jaya Motor salah satu Super Federal Oil Center di Bali. Foto: Arif

NaikMotor – Melalui konsep kemitraaan, Federal Oil merangkul bengkel-bengkel umum menjadi Federal Oil Center untuk meningkatkan bisnisnya. Nah, kalau mau menjadi bengkel rekanan Federal Oil Center dan benefitnya, Semoga Jaya Motor di Bali bisa menjadi referensi.

Oiya, selain Federal Oil Center (FOC) ada juga klasifikasi lebih tinggi dari konsep bengkel kemitraan yang dikembangkan yakni Super Federal Oil Center (SFOC). Total jumlah FOC saat ini 2700 bengkel dan SFOC sebanyak 580 bengkel tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk menjadi bengkel rekanan Federal Oil, yang pertama menjadi pertimbangan distributor daerah setempat adalah soal lokasi. Bila bengkel Anda berada di kawasan strategis, seperti banyak dilewati kendaraan khususnya sepeda motor, tentu akan menjadi poin penting untuk bisa diajukan. Keuntungan menjadi bengkel rekanan Federal Oil antara lain mendapatkan rewards tool seperti injector dan diagnostics tool..

“ Selain itu penampilan eksterior bengkel juga bagian dari persyaratan menjadi Federal oil Center dengan lebar minimal 5 meter, termasuk soal jumlah entry servis yang masuk hingga tingkat pembelian oli ke distributor. Setelah mendapat persetujuan, bengkel tersebut akan mendapat fee sebesar Rp 1 juta. Setiap enam bulan, bengkel  itu akan mendapatkan reward untuk branding toko bila performa baik. Mereka diharuskan memajang produk Federal Oil minimal 30% ,” ujar Monika, Retail Branding Head Federal Oil.

Nah, untuk naik menjadi bengkel rekanan Federal Oil kategori Super Federal Oil Center dana yang akan diberikan juga lebih besar yakni Rp 2 juta hingga soal branding lebih mentereng. Tentunya, bengkel tersebut juga harus menyesuaikan persyaratannya lebh tinggi, baik soal pembelian produk dalam jumlah banyak diikuti kapasitas untuk menampung entry unit servisnya.

Apa saja keuntungan menjadi bengkel mitra Federal Oil? Selain membuat tampilan bengkel lebih bagus serta mendapatkan tools bengkel yang diperlukan mendukung kerja mekanik, kesempatan mengikuti program lainnya juga terbuka. Plant tour, gathering diler hingga menonton langsung balapan dunia MotoGP di mana Federal Oil menjadi sponsor tim Moto2 bersama Gresini Racing.

Benefit  lainnya adalah mendapatkan prioritas peningkatan kompetensi para mekaniknya antara lain melalui akademi mekanik yang dimiliki Federal Oil yakni Federal Academy. Di akademi yang baru saja diluncurkan, Rabu (15/3/2017) di Bali, para mekanik akan diberikan materi serta pengujian di level pertama oleh trainer independen yang ditunjuk Federal Oil.

Bila mereka lulus tahapan pertama, akan masuk ke level berikutnya mengenai sisten injeksi dan trouble shooting hingga mencapai level ketiga dalam kontes mekanik berhadiah kesempatan menjadi ‘mekanik’ tim Gresini Moto2 di MotoGP Sepang, Oktober mendatang. Jangan salah, yang lulus level tiga akan mendapat sertfikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi, bukan sekadar sertifikat biasa loh.

Salah satu bengkel rekanan Federal Oil yang menikmati keuntungannya antara lain Semoga Jaya Motor di Bali. Sunaryo, pemilik Super Federal Oil Center Semoga Jaya Motor di Sanur, Denpasar, mengakui penjualan Federal Oil di bengkelnya terus meningkat.

”Dalam seminggu kami bisa menjual dua karton Federal Matic dan Federal Racing. Sehari kami bisa menerima 20 unit servis motor. Kepada konsumen, kami selalu memberikan pemahanan soal pelumas motor dan Federal Oil kami akui memiliki performa bagus sehingga banyak menjadi pilihan konsumen,” sebut Yoyok, panggilan akrabnya.

Bengkel Semoga Jaya Motor menerima tune up, ganti oli, spare part, press ban tubeless, senei drat, modifikasi, setel bodi, setel  pelek dan lain-lain. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

*