Motor Tiga Roda Honda Neowing Akan Diproduksi dengan Supercharger

0
Honda Neowing Akan Diproduksi
Honda Neowing three- wheeler berbasis Goldwing. Foto: Morebikes

NaikMotor – Sebuah konsep motor three-wheeler atau tiga roda dari pabrikan berlogo sayap mengepak, Honda Neowing akan diproduksi dan dilengkapi supercharger.

Dua informasi penting itu bocor dari sebuah sketsa aplikasi paten yang diajukan Honda. Meski sebenarnya berita tilting three wheeler leaning Honda Neowing akan diproduksi segera sudah mengemuka sejak konsepnya tampil di Tokyo Motor Show 2015 lalu.

Honda Neowing Akan Diproduksi
Sketsa paten Honda Neowing dengan intake mengarah ke sebuah Supercharger. Foto: Morebikes

Dalam desain itu tampak versi produksi Neowing dengan supercharger yang diterapkan sebagai fitur standar. Jika merunut isi dokumen aplikasi Honda yang mencantumkan soal itu.

Pada dokumen itu dengan gamblang ditampilkan sketsa sebuah airbox yang ditempatkan di tengah mesin 6 silinder milik Gold Wing. Dan intake untuk supercharger dialirkan dari hidung Neowing, melalui bagian bahu dan menuju kotak filter udara. Sementara penempatan unit supercharger-nya disembunyikan di celah tangki bagian bawah.

Honda Neowing Akan Diproduksi
Supercharger Honda Neowing akan diletakkan di bawah tangki. Foto: Morebikes

Lebih lanjut dalam desain itu memperlihatkan saluran pelumasan dan pendinginan mesin, serta menunjukkan bagian aliran menuju supercharger.

Dengan desain yang begitu rinci dan foto utuh model tak heran jika banyak pihak yang percaya kalau model Honda Neowing akan diproduksi paling lambat 2018. Demikian soal rumor dulu, mengenai motor three-wheeler akan dilengkapi mesin hybrid listrik-bensin diakui pihak Honda akan pula ditawarkan.

Tetapi soal supercharger tampaknya akan diterapkan pada model superbike terlebih dahulu, dan baru pada 2019 diterapkan pada Neowing. Walaupun demikian pihak Honda belum mengkonfirmasi tentang rencana induksi paksa tersebut. Seperti juga sanggahan sebuah media yang mengkritisi tentang paten supercharger itu sebagai analisa yang keliru akan sketsanya. Sebab, sepertinya campur aduk dengan paten supercharger produk Kawasaki. (Afid/nm)

Honda Neowing Akan Diproduksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here