Honda CBR1000RR 2017 Diluncurkan Hayden dan Bradl Jelang Balapan

0
54
Honda CBR1000RR 2017 Diluncurkan Hayden dan Bradl
Nicky Hayden dan Stefan Bradl meluncurkan HOnda CBR1000RR 2017 di Thailand, Selasa (7/3/2017). Foto: Komar Johari

NaikMotor – Dua pembalap Red Bull Honda WSBK Team hadir di acara Meet The Best Party yang digelar oleh A.P Honda, Selasa (7/3/2017) di Bangkok. Di acara tersebut All New Honda CBR1000RR 2017 diluncurkan Hayden dan Bradl sebelum WSBK Thailand, akhir pekan ini.

All New Honda CBR1000RR 2017 Fireblade memilki fitur dan komponen baru hampir 90 persen ketimbang model sebelumnya. Power to weight ratio nya naik hingga 14%, merupakan pencapaian tingkat terbaik dari Fireblade yang pernah ada,termasuk bobot susut 15 kg hingga sekarang 196 kg dan tenaga naik 10 daya kuda.

Selain itu CBR1000RR 2017 juga telah dilengkapi dengan fitur Honda Selectable Torque Control, Selectable Engine Brake, pilihan rem ABS, Riding Mode Select System dan Power Selector, suspensi Showa Big Pistom Forks dan Balance Free Rear shock serta mengadopsi teknologi dari RC213V-S MotoGP.

Mr M. Sato, Large Project Leader  CBR1000RR 2017 mengatakan semua sportsbikes 1000cc adalah contoh yang luar biasa dari hasil rekayasa kinerja tinggi. “ Tetapi untuk Fireblade baru, tujuan sebenarnya adalah di mana pun itu dikendarai  menjadi sesuatu yang bisa dinikmati tidak biasanya dialami dalam kehidupan serta tidak dapat mengalahkan. CBR900RR pertama tetap menjadi tonggak sejarah, dan inspirasi kita adalah dengan mengurangi secara radikal bobotnya dan meningkatkan kemampuan tenaganya. Untuk mencapai tahap selanjutnya Total Control, kami telah menambahkan sistem kontrol elektronik  untuk membuat janji kepada pengendara dalam menikmatinya,  the pure joy of riding,” ungkapnya.

CBR1000RR memiliki tiga opsi berkendara, Street, Circuit dan Mechanic yang semuanya disajikan dengan informasi lengkap disesuaikan dengan tipe berkendaranya. Seperti di RC213V-S, pengendara bisa mengubah modenya saat riding dengan menggunakan switch di bagian setang kiri.

Sistem elekttronik baru sangat mendukung pengendara untuk memilih atau menyetel lebih baik . 5-axis Inertial Measurement Unit (IMU)ikut mengukur persis apa yang mesin lakukan, seperti kerja di pesawat. Hal itu bekerja dengan Honda Selectable Torque Control system (HSTC)   dalam  mengelola traksi roda belakang traksi melalui FI-ECU dan Throttle By Wire (TBW) dan juga terkoneksi dengan rem ABS.

Meski perangkat elektronik baru banyak terpasang, keseimbangan tenaga dan bobot adalah dua filosofi utama dari Fireblade. Karena itulah 90 persen komponen utama baru telah dipasang untuk mereduksi beratnya di semua bagian. Putaran mesin dan rasio kompresi lebih tinggi dari revisi camshaft timing, menggunakan Throttle By Wire yang merupakan pertama di mesin empat silinder Honda termasuk Accelerator Position Sensor (APS) yang juga dkembangkan pada RC213V-S. Tenaganya kini memproduksi 189 daya kuda pada 13,000 rpm .

Honda CBR1000RR 2017 diluncurkan Hayden dan Bradl namun masih belum dibanderol harganya oleh A.P Honda Thailand. Mereka baru akan resmi memperkenalkannya di ajang Bangkok International Motor Show 2017, akhir Maret mendatang. Namun, para konsumen yang ingin menginden sudah bisa memberikan tanda pemesanan. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

*