Begini Langkah Merawat Motor MV Agusta yang Sering ‘Dikandangin’

0
Begini langkah merawat motor MV Agusta
Salah satu produk baru MV Agusta New Brutale 800. Foto: Dok. NMC

NaikMotor – Pemilik motor berkapasitas mesin besar atau moge (motor gede) seperti MV Agusta biasanya lebih sering ‘mengandangkan’ motornya ketimbang mengendarai untuk aktivitas harian. Nah, meskipun hanya diparkir di garasi, pemilik tidak boleh luput merawat motor MV Agusta.

Sejatinya tidak sulit melakukan perawatan motor koleksi, yang paling penting adalah menjaga daya tahan perangkat kelistrikan. Cara merawatnya sangat mudah, cukup menghidupkan mesin motor secara berkala, agar baterai (aki) tidak drop.

“Setidaknya memanaskan (motor) tiga hari sekali dalam seminggu, nyalakan 10 sampai 15 menit sudah cukup supaya aki tidak drop. MV Agusta biasanya kasih charger aki sepaket dengan motor,” ujar Presiden MV Agusta Owners Club Indonesia (MVOCI), Febby Sagita yang sudah berpengalaman merawat motor MV Agusta.

Pria bergaya modis itu menyarankan agar motor tidak diendapkan terlalu lama di garasi, setidaknya diajak berkendara jarak dekat. “Dibawa riding lebih bagus, supaya ban, dan suspensi bisa bekerja dengan baik. Biasanya sih pemilik MV (Agusta) riding pas weekend,” ungkapnya.

Hal lain yang harus diperhatikan, yakni perilaku saat mencuci motor yang diproduksi di Italia tersebut. Tidak dianjurkan dicuci steam menggunakan air bertekanan tinggi.

“Di bagian stang itu terdapat sensor throttle, kalau itu kena air bisa error. Jadi,  usahakan jangan cuci stem apalagi bagian stangnya, cukup pakai air mengalir saja. Kalau (sensor gas) sudah kemasukan air, motor jangan dinyalakan, keringkan dulu dengan kompresor,” terang pria yang doyan balap motor tersebut.

Febby juga memberi saran untuk mengatasi masalah kopling yang kerap dikeluhkan pemilik motor MV Agusta. “Beberapa pemilik (MV Agusta) mengeluhkan kopling keras atau apalah, solusinya bisa pakai kopling hidrolik kalau mau lebih nyaman,” cetusnya. (Yudistira/nm)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here