Test Ride MV Agusta New Brutale 800: Menjinakkan Torsi Melimpah

0
MV Agusta New Brutale 800
Test ride MV Agusta new Brutale 800. Foto: Istimewa

NaikMotor – PT Motor Varese Indonesia menyediakan unit test ride MV Agusta New Brutale 800 yang baru diluncurkan awal Februari lalu di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (26/2/2017). NaikMotor  mencoba kegarangan motor dengan desain body futuristis serta sasis sadle yang membuat body tampak menggantung tanpa penyangga.

Impresi pertama duduk di atas jok mungil MV Agusta New Brutale 800, sangat terasa karakter motor street fighter dengan posisi berkendara sedikit menunduk dan dimensi setang lebar. Tinggi jok 829 mm membuat pengendara berpostur sekitar 175 cm tidak kewalahan mengontrol beban motor, karena kaki bisa menapak sempurna.

Penasaran dengan mesin 800cc tiga silinder yang sudah lulus sertifikasi Euro4, kami langsung coba memacu motor yang dijual seharga 530 juta rupiah (On The Road Jakarta) tersebut. Mengejutkan, baru sedikit memutar grip gas, motor sudah mengentak seolah mengajak berlari kencang. Pantas saja, karena saat NaikMotor menjajal, engine map (riding mode) disetel pada mode sport, sehingga ECU memerintahkan mesin untuk lebih responsif saat gas dibuka.

Tidak salah jika MV Agusta menyebut New Brutale 800 sebagai motor agresif, sebab di 3.000 rpm saja mesin masih ‘merengek’ butuh putaran lebih tinggi lagi. Torsi mesin masih terasa liar sampai menginjak rpm tinggi, seperti saat masuk gigi tiga, motor masih bisa wheelie tanpa harus membuka gas terlalu besar.

Dengan karakter seperti itu, New Brutale 800 sedikit sulit dijinakkan saat melaju di kawasan perkotaan yang padat. Lebih cocok untuk perjalanan luar kota dengan kondisi lalu lintas sepi dan jalanan mulus, sebab motor sangat nyaman untuk dikendarai dalam kecepatan tinggi.

Kami juga menguji fungsi quick shifter up and down yang tersemat pada motor dan juga telah dilengkapi dengan slipper clutch yang beroperasi melalui teknologi hidrolik dan Electronically Assisted Shift (EAS) 2.0 Up and Down Gear Shift, dikelola oleh sistem MVICS terbaru. Quick shifter bekerja untuk memungkinkan proses perpindahan gir transmisi tanpa harus menekan tuas kopling. Peranti tersebut meringankan kerja tangan pengendara saat berkendara dengan kecepatan konstan.

Pada MV Agusta New Brutale 800, quick shifter bekerja pada saat mesin sudah memasuki putaran tinggi, sekitar 5.000 rpm. Jika mencoba menaikkan gir transmisi tanpa menekan kopling di rpm rendah, perpindahan terasa menyentak. Tapi, di putaran mesin tinggi perpindahan gir transmisi dengan quick shifter tidak mengalami kendala, terasa seperti mengoperasikan transmisi motor bebek.

Sedangkan slipper clutch meredam back torque saat menurunkan gir transmisi, sehingga engine braking bisa dilakukan dengan mulus. Saat kami melakukan engine braking di jalanan berkerikil sekalipun, roda belakang New Brutale 800 tidak mengalami selip, dan motor tetap terkendali.

Handling naked bike garang tersebut cukup stabil untuk bermanuver di tikungan. Suspensi dari Sachs yang diaplikasikan pada New Brutale 800 sudah direvisi dibandingkan Brutale 800 lama, sehingga terasa guncangan peredaman lebih baik

Bicara fitur, Brutale 800 terbilang memiliki kelengkapan panel yang sederhana untuk ukuran motor premium. Speedometer hanya memuat informasi kecepatan, level bahan bakar, gir transmisi, dan riding mode. (Yudistira/nm)

 

LEAVE A REPLY

*