Tak Mau Kalah dengan GSX-R150, Suzuki Gixxer Juga Bersolek

0
117
Suzuki Gixxer Juga Bersolek
Livery MotoGP menjadi pilihan utama Suzuki Gixxer SF FI. Foto: Suzuki India

NaikMotor – Suzuki India sepertinya tak mau kalah dengan kehadiran GSX-R150 di Indonesia, Suzuki Gixxer juga bersolek melalui update performa injeksi serta livery MotoGP.

Di Indonesia baru saja diluncurkan secara resmi Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150, Sabtu (18/2/2017). Dan di saat bersamaan di India diluncurkan pula Suzuki GSX 155 SF FI baru yang kini telah memenuhi ketentuan standar emisi yang baru diberlakukan, yakni BSIV.

Tak Mau Kalah Dengan Suzuki GSX-R150 Gixxer Juga Diperbaharui
Gixxer dihadirkan dengan pilihan warna baru duo tone. Foto: Suzuki India

GSX 155 di India adalah roadster setara dengan GSX-S150 yang dijuluki sebagai Gixxer. Dan salah satu variannya dilengkapi fairing dan dinamai sebagai Gixxer SF, yang mirip dengan GSX-R150 tetapi dengan posisi duduk lebih tegak. Untuk memenuhi ketentuan standar emisi India yang setara dengan Euro4 itu Gixxer kini dilengkapi dengan injektor untuk suplai bahan bakar ke silinder mesinnya. Sementara kedua GSX 150 di Indonesia masih Euro3.

Selain itu Gixxer SF telah ditawarkan dengan penampilan baru, seperti livery mirip MotoGP GSX-RR, dan lampu utama Auto Headlamp On atau AHO. Dan masih sebagai opsi adalah rem cakram di bagian belakang.

Tak Mau Kalah Dengan Suzuki GSX-R150 Gixxer Juga Diperbaharui
Suzuki Gixxer hadir dengan grafis dan standar emisi baru. Foto: Suzuki India

Sedangkan pilihan warnanya selain grafis MotoGP adalah Pearl Mira Red & Glass Sparkle Black dual-tone, Metallic Triton Blue & Glass Sparkle Black dual tone dan Glass Sparkle Black single tone. Varian dengan rem tromol di bagian belakang hanya tersedia warna Glass Sparkle Black saja.

Gixxer dengan injeksi bahan bakar diharapkan akan meningkatkan efisiensi bahan bakar sekaligus menawarkan respon throttle yang lebih baik. Teknologi FI pada Gixxer dilengkapi dengan 6 sensor yang menghitung jumlah optimum bahan bakar harus disuntikkan untuk pembakaran yang lebih baik.

Dipadu dengan mesin 154,9cc yang menghasilkan 14,8 daya kuda @ 4.000 rpm dan torsi 14 Nm @ 6.000 rpm, dengan transmisi manual 5 percepatan. Mirip mesin GSX 150 di sini, maka efisiensi kinerja mesih menjadi tinggi, artinya tenaga mesin tetap otimal sementara konsumsi bahan bakar ekonomis atau irit dan emisi ramah lingkungan. Meski pendinginan mesin Gixxer masih mengandalkan udara ambient belum berradiator seperti GSX 150.

Suzuki menawarkan varian Gixxer dengan induksi bahan bakar injeksi  dalam edisi yang ber-livery MotoGP, AHO, dan rem cakram belakang  dengan harga sekitar Rp18,8 jutaan di New Delhi. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*