Menelaah Kelebihan Suzuki GSX-S150, Apa Saja?

1
Kelebihan Suzuki GSX-S150
Suzuki GSX-S150 memiliki beberapa kelebihan dari mesin dan fiturnya. Foto: Suzuki

NaikMotor- Suzuki tampil menggebrak di awal tahun dengan meluncurkan GSX-150 series yakni GSX-R150 dan GSXS-150S. Nah, sekarang kita akan menelaah kelebihan Suzuki GSX-S150, apa saja?

Dari performa mesin, GSX-S150 mengadopsi enam sensor  untuk menghasilkan penggunaan bahan bakar yang irit. Selain itu, sistem injeksinya mengadopsi diameter Throttle body yang besar dan Spray Injector 10 lubang berdasarkan teknologi GSX-R1000 dengan katup throttle berdiameter 32mm, terbesar di kelasnya. Hal ini membuat bahan bakar lebih efisien saat rpm tinggi dan power maksimal.

Knalpot GSX-S150 memiliki diameter pipa besar terdari dari tiga bagian yakni 28,6 mm di bagian depan, 31,8 mm di tengah dan 45,0 mm di sambungan muffler untuk meraih power dan performa  Sebuah catalytic converter yang terpasang membuat GSX-S150 memenuhi standar emisi Euro3.

Sementara pada bagian mesin, lubang silinder terbuat dari aluminium yang ringan dan kuat dilapisi dengan  lapisan SCEM  (Suzuki Composite Electrochemical Material) untuk membuat gesekan lebih kecil, menambah daya tahan ring piston dan menyalurkan panas dengan baik.

Sementara dari konstruksi rangka yang diturunkan dari GSX – series, karena dibuat untuk konsumesi harian, jarak sumbu rodanya lebih pendek hingga lincah saat bermanuver  di kemacetan.

GSX-S150 juga mengandalkan kelebihan perangkat roda antara lain plek 10 spoke yang ringan dan ban yang dikembangkan bersama dengan pabrikan ban ternama IRC dari PT Gajah Tunggal Tbk dengan ban tubeless 17”  ukuran 130/70-17M/C depan dan ban belakang 90/80-17.

Bodi yang stylish GSX-S150 juga memiliki keunikan antara lain di bagian buritan yakni desain rear fender belakang yang bisa di lepas dan disesuaikan dengan keinginan pengendara serta hugger fender di dalam untuk menahan cipratan kotoran masuk. Selain itu, footstep pemboncengnya dirancang terpisah  juga bisa dilepas sewaktu-waktu.

Sebagai motor komuter, kelebihan Suzuki GSX-S150 memiliki sudut kemudi lebar yang bisa diputar hingga 40 derajat untuk kenyamanan pengendaraan harian dan tidak mudah pegal.

” Kami melihat pemotor di Indonesia itu menyukai antara lain motor yang agresif, body shape, elektronik. Sementara untuk postur tubuh di antara kisaran 160-165cm meski untuk tinggi 170cm pun masih nyaman,Semua kami bawa dari hasil riset tim kami dari Jepang dan Indonesia ke dalam GSX-S 50 untuk digunakan harian,” sebut Morikawa Daigo, Sales & Marketing 2W Assistant to Department Head PT Suzuki Indomobil Sales.

Fitur lainnya yang menunjang adalah desain shutter key GSX-S150 dengan kunci kontak bermagnet otomatis. Anda cukup dengan menekan tanpa memutar, tutup kunci akan otomatis terbuka, lebih praktis dalam pengoperasian dan lebih aman (mengurangi risiko pencurian).

Kemewahan di bagian kemudi GSX-S150 yakni terdapat pada Multi-function & full LCD instrument speedometer dalam memberikan informasi lengkap bagi pengendaranya. Fitur-fiturnya antara lain:

Indikator RPM. Fitur ini diadaptasi dari teknologi Moto GP untuk mengetahui  High Mode: diatas rpm 5.000 hingga 9.500 lampu  menyala,  Low Mode: di rpm 4.000 hingga 5.000 lampu berkedip,  Voluntariness Mode : rpm bisa disesuaikan dari rpm 3.000 hingga 11.500  dengan besaran kelipatan 500.

Indikator posisi Gear. Sangat memudahkan pengendara ketika akan menaikkan atau menurunkan persneling. Penunjuk waktu / jam, memudahkan pengendara untuk melihat jam tanpa harus mengganggu konsentrasi pengendara.Twin Trip, Menampilkan odometer dan penghitungan pemakaian bahan bakar per kilometernya sehingga dapat diketahui jumlah jarak kilometernya.

Memudahkan untuk menghidupkan mesinnya, kelebihan Suzuki GSX-S150 antara lain dilengkapi Suzuki easy start system, yakni cukup dengan sekali tekan maka mesin akan langsung menyala. Fitur ini diadopsi dari teknologi moge Suzuki GSX-R1000 yang dapat dioperasikan tanpa harus menarik tuas kopling.

Pemilik GSX-S150 juga bisa mendektesi kerusakan mesin dengan fitur BD (On Board Diagnosis) di mana Panel instrumen mesin akan menyala dengan ditandai lampu sein menyala 3x dalam 5 detik. (Arif/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here