Honda akan Produksi Motor Listrik Sport RC-E Bersama Hitachi

0
Produksi Motor Listrik Sport RC-E Bersama Hitachi
Honda RC-E yang tampil di Tokyo Motor Show 2011 akan diprodulsi bersama Hitachi. Foto: Honda

NaikMotor – Tampaknya Honda sudah bersiap-siap untuk produksi motor listrik sport RC-E bersama Hitachi berdasarkan kesepahaman di antara mereka.

Pasalnya, Honda Motor co Ltd dan Tokyo Hitachi Automotive Systems Ltd telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) beberapa hari lalu di Jepang. Pada intinya dalam nota kesepahaman itu, keduanya akan mendirikan perusahaan joint venture untuk mengembangkan, memproduksi dan menjual motor untuk kendaraan listrik.

Meski detailnya belum dibeberkan tetapi perjanjian itu membuka jalan untuk pengembangan sepeda motor listrik dalam waktu dekat. Sebab pabrikan kolaborasi akan didirikan segera per Juli 2017 dengan invenstasi mencapai Rp 550 Miliar. Hitachi memegang 51% saham, sisanya Honda. Dan dalam wakru dekat keduanya akan mendirikan anak perusahaan di Tiongkok dan Amerika Serikat dengan fungsi produksi dan penjualan.

Hitachi diketahui selain dikenal sebagai produsen elektronik, ternyata sejak 1999 sudah memproduksi dan memasarkan motor listrik penggerak sepeda motor listrik di Jepang dan Asia Timur. Sementara, Honda sejak 2011 sudah menampilkan konsep RC-E sportbike listrik bergaya retro klasik di Tokyo Motor Show. Sehingga dalam waktu dekat dikabarkan konsep akan segera memasuki tahap produksi dalam pabrikan kolaborasi itu.

Dan memang dalam MoU itu dijelaskan peran Hitachi tetap sebagai pemasok motor listrik, sementara Honda akan fokus pada promosi global atas produk yang dihasilkan. Produk sementara akan diwujudkan di pasar Jepang terlebih dahulu. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here