Ingat, Ini yang Harus Dilakukan Ketika Remote GSX-R150 Hilang!

2
Remote GSX-R150
Remote pada Suzuki GSX-R150 memiliki kode khusus. Foto: Suzuki

NaikMotor – Remote pada Suzuki GSX-R150 berfungsi sebagai peranti untuk mengaktifkan kelistrikan dalam menghidupkan motor. Jika remote GSX-R150 hilang, pemilik bisa memperoleh remot cadangan di bengkel resmi Suzuki.

Di bagian belakang remote, terdapat empat digit nomor id yang harus dicatat pemilik. Nomor tersebut akan ditanyakan saat hendak meminta remot cadangan di diler resmi.

“Di bagian belakang remote, dekat baterai terulis empat digit nomor id, nah nomor itu harus dihapal oleh pemilik motor. Saat remot hilang, bisa datang ke diler untuk mendapatkan remote cadangan dengan menunjukkan STNK dan nomor id,” jelas Technical Quality Overseas Suzuki, Indra Kharisma.

Fungsi remote GSX-R150 tuk mengaktifkan kelistrikan motor, tapi jika remote hilang ketika mesin sudah menyala, motor tidak akan langsung mati.

“Kalau remote hilang di jalan, motor tidak langsung mati, tapi lampu indikator keyless akan berkedip. Waktu motor dimatikan, masih ada waktu 30 detik untuk menghidupkan kembali dan mencari remote atau pergi ke diler meminta remote cadangan,” tutur Indra.

suzuki_gsx_r150_11

Fungsi remote pada Suzuki GSX-R150 memang bukan untuk menyalakan atau menghidupkan motor, tapi motor hanya bisa dinyalakan jika remote berada dalam jarak satu meter dari motor, atau lebih singkatnya dikantungi pengendara. Jika remote hilang atau berjarak lebih dari satu meter dari motor, knop untuk meghidupkan motor tidak bisa diputar ke arah ‘ignition’.

“Kalau lebih dari satu meter, knob tidak bisa dioperasikan. Jarak remote harus satu meter untuk menyalakan motor, untuk answer back paling jauh 20 meter. Satu lagi, jika motor tidak dihidupkan selama sembilan hari, fungsi answer back tidak bisa dijalankan. Untuk mengaktifkan kembali, motor harus dinyalakan dulu,” terang Indra.

Keyless ignition system juga berperan untuk menjamin keamanan motor saat diparkir. Meskipun pencuri bisa mengakali cara memutar knop, motor tetap tidak bisa dinyalakan.

“Knop bisa saja dicabut lalu dihajar dengan kunci “T”, tapi motor tetap saja tidak bisa dinyalakan, karena kelistrikannya mati,” tegas Indra.

Fitur keyless ignition system diberikan hanya pada Suzuki GSX-R150, sedangkan GSX-S150 hanya dibekali magnetic key shutter sebagai pengaman lubang kunci. (Yudistira/nm)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here