Fairing dan Sasis Baru M1 2017 Bikin Yamaha Makin Kuat di Tes Sepang

0
Fairing dan Sasis Baru M1 2017
Valentino Rossi mencoba sais baru Yamah M1 di Sepang. Foto: Yamaha

NaikMotor – Tim Movistar Yamaha mencoba rangkaian komponen baru Yamaha M1 pada Tes MotoGP Sepang 2017 (30 Januari – 1 Februari 2017). Di hari kedua, Selasa (31/1/2017), Valentino Rossi dan Maverick Vinales bergantian mencoba fairing dan sasis baru  M1 2017.

Terhambatnya sesi tes karena kondisi lintasan basah sejak pagi hingga siang hari, membuat tim Garputala tidak bisa mencoba beberapa komponen yang dibawa. Tapi, perkembangan positif yang ditunjukkan Vinales dan Rossi dengan menempati urutan dua dan empat catatan waktu lap tercepat, membuat Yamaha lebih optimis dalam mengembangkan M1.

Vinales masuk lintasan lebih dulu dari Rossi untuk menjajal konfigurasi setup motornya. Dalam satu setengah jam sesi tes, pembalap berjuluk ‘Top Gun’ mengukir waktu lap tercepat 2 menti 0,646 detik, menjadikannya yang tercepat untuk sementara.

Tak lama setelah juniornya mengaspal, Rossi juga masuk lintasan dengan sasis baru Yamaha M1. Tapi, The Doctor belum menunjukkan kecepatan sebagus Vinales. Menjelang sore hari, ia masuk pit untuk melakukan penggantian beberapa komponen.

Kejutan terjadi ketika Rossi keluar dengan fairing baru Yamaha M1, yang disinyalir memiliki bagian mirip winglet tersembunyi di sisi kanan dan kiri. Pembalap veteran MotoGP itu melakukan 54 putaran sepanjang sesi tes, lebih banyak dari rekan setimnya yang hanya mengenyam 51 lap.

Menjelang tes hari kedua berakhir, dua pembalap Yamaha melakukan time attack, mengejar catatan waktu terbaik. Hasilnya, Vinales berhasil mendapatkan waktu lap 1 menit 59,858 detik, dan menempati urutan kedua, di belakang Iannone. Sedangkan Rossi menundukkan waktu lap 2 menit 0,254 detik, bertengger di posisi empat.

“Kecepatan saya cukup bagus dan di akhir saya melakukan time attack hingga mendapatkan posisi empat, posisi lima besar sudah ok. Kami mencoba sasis berbeda (baru dan lama) dan hasilnya bagus. Kami belum menentukan (menggunakan sasis baru atau lama), tapi impresi awalnya positif,” beber Rossi.

vinales_tes_sepang

Lain dengan Rossi, Vinales lebih fokus untuk menemukan kecepatan yang konstan saat melakukan putaran dalam waktu lama. “Fokus dalam satu lap merupakan hal yang bagus, tapi kami harus cepat dalam 20 lap dan saya pikir saya telah melakukan pekerjaan cukup baik dan membuat langkah awal yang bagus. Saya tidak tahu akan melakukan time attack besok (Rabu), itu tergantung cuaca dan kondisi trek,” cetus Vinales.

Setelah menguji fairing dan sasis baru M1 2017, di hari terakhir tes Yamaha akan menocba beberapa komponen lain, guna menyempurnakan performa Yamaha M1. “Valentino dan Maverick berusaha memanfaatkan waktu tes dalam kondisi trek kering. Mereka sudah mencoba dan membandingkan fairing dan sasis baru. kami juga mencoba meningkatkan daya tahan ban belakang, dan hasilnya positif. Sejauh ini respon pembalap sudah baik (terhadap motor baru), jadi kami percaya diri dengan komponen yang kami tes,” papar Direktur Tim Movistar Yamaha, Massimo Meregalli. (Yudistira/nm)

 

LEAVE A REPLY