Hasil Tes MotoGP Sepang 2017 Hari Kedua: Iannone Unggul dari Vinales

0
Hasil Tes MotoGP Sepang 2017 Hari Kedua
Andrea Iannone menjadi yang tercepat pada Tes MotoGP Sepang hari kedua. Foto: Crash Media

NaikMotor – Sempat terkendala lintasan sirkuit yang basah pagi hari, membuat tes MotoGP Sepang 2017 baru mulai berlangsung siang, Selasa (31/1/20170, meski dalam waktu terbatas. Hasil tes MotoGP Sepang 2017 hari kedua menempatkan Andrea Iannone menorehkan waktu lap tercepat, mengungguli Maverick Vinales.

Iannone mendapatkan waktu terbaiknya hanya beberapa menit menjelang sesi tes berakhir. Waktu putaran 1 menit 59,452 detik membuatnya menjadi yang tercepat di hari kedua, sekaligus mengalahkan rekor waktu lap Casey Stoner pada tes hari pertama.

Terpaut 0,406 detik lebih lambat dari Iannone, Vinales menunjukan peningkatan kecepatan di hari kedua. Hanya dua pembalap tersebut yang membuat waktu lap di bawah dua menit.

Vinales menggunakan fairing baru Yamaha M1 miliknya. Namun, ia belum diperbolehkan memberikan informasi apapun soal fairing tersebut. “Saya mencoba fairing baru, tapi tidak diperbolehkan mengatakan apapun (soal fairing),” ucap pembalap yang ikut meluncurkan Yamaha All New R15 di Indonesia tersebut, dikutip dari Crash.

Menempati urutan ketiga daftar waktu lap tercepat, Alvaro Bautista menunjukan konsistensi sepanjang tes hari kedua. Ia sempat menempati urutan teratas, sebelum digeser Iannone dan Vinales di akhir sesi. Bautista menelurkan waktu lap terbaik 2 menit 0,218 detik.

Fairing baru agaknya memberikan pengaruh positif buat Yamaha M1. Senior Vinales di tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi dapat menundukan waktu lap 2 menit 0,254 detik setelah keluar dengan fairing kembung tersebut, dan menyelesaikan sesi tes di urutan empat.

Pembalap rookie Monster Yamaha Tech 3, yang juga Juara Dunia Moto2 2016, Johan Zarco merangkak ke urutan lima, dengan modal waktu lap tercepat 2 menit 0,343 detik. Sedangkan duo Ducati, Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo menempati peringkat tujuh dan delapan.

Mesin baru Honda RC213V masih menyulitkan buat Marc Marquez dan Dani Pedrosa yang tertahan di urutan 10 dan 14. Marquez mencetak waktu lap terbai 2 menit 0,531 detik, sedangkan Pedrosa 0,355 detik lebih lambat.

Tim Suzuki Ecstar masih harus bekerja ekstra untuk mengangkat performa pembalap anyar yang berstatus rookie, Alex Rins. Saat Iannone mampu mendapatkan kecepatan terbaik, Rins hanya bisa mengukir waktu lap 2 menit 0,876 detik, dan menghuni peringkat 13.

Hari kedua Tes MotoGP Sepang 2017 diwarnai insiden yang menimpa Tito Rabat di tikungan tujuh Sirkuit Sepang, Malaysia. Akibat kejadian tersebut, Rabat harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan dan pemeriksaan X-Ray. (Yudistira/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here