Kelak Hanya Magneti Marelli yang Digunakan Moto2

0
Kelak Hanya Magneti Marelli yang Digunakan Moto2
Magneti Marelli akan menjadi ECU resmi Moto2. Foto: Istimewa

NaikMotor – Senin, 23 Januari 2017 lalu akan menjadi sejarah baru bagi kejuaraan dunia Moto2. Pasalnya kelak hanya Magneti Marelli yang digunakan Moto2 setelah terjadi kesepakatan antara stake holder di MotoGP.

Ketentuan penggunaan ECU unified itu akan mulai diterapkan musim balapan Moto2 pada 2019-2021. Sehingga tim-tim peserta balapan dunia kelas menengah itu akan menggunakan manajemen elektronika mesin yang sama, yakni disuplai oleh Magneti Marelli, pabrikan perangkat elektronik mesin otomotif dari Italia tersebut.

ECU MotoGP
Sebelumnya ketentuan ECU seragam itu telah ditetapkan pada MotoGP sejak musim 2016, dan masa pengenalan sejak pertengahan 2015.

Hal itu ditetapkan setelah adanya kesepakatan antara Grand Prix Commission, yang terdiri Carmelo Ezpeleta (Dorna CEO), Paul Duparc (FIM), Herve Poncharal (IRTA), Takanao Tsubouchi (MSMA) dan disaksikan oleh IRTA yang berlaku sebagai sekretaris pertemuan itu, Mike Trimby dan Carlos Ezpeleta dari Dorna.

Penerapan ECU seragam pada MotoGP sempat mendapat tentangan dari tim-tim utama seperti Honda dan Yamaha, tetapi kemudian mereka bisa menerimanya. Dengan ECU yang sama kelak maka program manajemen mesin tak lagi akan menjadi penentu kemenangan, tinggal konstruksi dan mekanikal sepeda motor serta skill pembalap yang akan menjadi fokus para tim. (Afid/nm)

Daftar Sementara Nama Tim dan Pembalap Moto2 2017
Pembalap-pembalap Moto2 2016. Foto: Dorna MotoGP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here