Roadster Suzuki 155cc Ini Berhasil Menembus Pasar Jepang

0
Roadster Suzuki 155cc Ini Berhasil Menembus Pasar Jepang
Suzuki Gixxer produk India telah berhasil menembus pasar Jepang. Foto: Suzuki

NaikMotor – Model roadster Suzuki 155cc produksi India berhasil menembus pasar Jepang dengan mesin injeksi. Tapi Suzuki Gixxer itu masih dilengkapi sistem berpendingin udara.  

Gixxer adalah nama julukan dari India untuk roadster Suzuki berkapasitas 155cc. Nama resmi Gixxer seharusnya adalah GSX-S155 pada kebiasaan Suzuki untuk model street, tetapi itu pun masih meleset sebab di India Gixxer dianggap sebagai GSX-R155 yang seharusnya untuk sportbike. Tetapi untuk model sportbikenya, dinamai Gixxer SF, merujuk pada sport fairing-nya.

Suzuki 155 cc produk India telah berhasil menembus pasar Jepang
Suzuki Gixxer 155 cc, dengan sistem injeksi bahan bakar dan rem cakram pada kedua rodanya. Foto: Suzuki

Gixxer berkapasitas asli 154,9cc dengan silinder tunggal SOHC 2 katup serta berpendinginan udara. Mesin memiliki silinder dengan diameter 56.0 mm x langkah 62.9 mm. Mesin menghasilkan 13,6 daya kuda dan torsi 14 Nm. Roadster ini berbeda dengan GSX-S150 dari Indonesia yang bermesin 147,3 cc, 4 katup DOHC, berpendinginan cairan, yang menghasilkan 18 daya kuda dan 14 Nm.

Untuk bisa memasuki pasar Jepang, Suzuki India yang sahamnya dikuasai Maruti, Gixxer telah dilengkapi dengan sistem bahan bakar injeksi, guna memenuhi standar emisi di sana. Di India, Gixxer masih menggunakan karburator, kecuali varian Gixxer SF dengan livery MotoGP yang sudah berinjeksi.

Mini naked Suzuki produk India itu dilengkapi suspensi garpu teleskopik 41 dan di belakang monoshock dengan 7 tingkat pengaturan. Sistem remnya dengan cakram 266 mm di depan dan cakram 220 di belakang.

Ada 3 pilihan warna yang akan ditawarkan di Jepang, yakni Triton Metallic Blue, Glass Sparkle Black dan Glass Sparkle Black/Candy Sonoma Red.

Suzuki India menetapkan target penjualan sebanyak 720 unit per tahunnya. Suzuki Gixxer di Jepang ditawarkan dengan kisaran harga Rp 34 jutaan. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here