Seratus Siswa SD Berkunjung dan Tanam Pohon di Pabrik Suzuki

0
Pabrik Suzuki
Siswa SD Al-Azhar Syifa Budi mengunjungi pabrik Suzuki di Cikarang. Foto: Suzuki

NaikMotor – Hari Lingkungan Hidup Indonesia yang  diperingati setiap tanggal 10 Januari, dimanfaatkan PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) untuk memberikan edukasi soal lingkungan sehat kepada  anak-anak Sekolah Dasar (SD) di Pabrik Suzuki Cikarang, Jawa Barat.

Seratus siswa SD Al-Azhar Syifa Budi Jatibening mengikuti kegiatan kunjungan industri pelajar, yang merupakan salah satu program Sosial Corporate Responsibility (CSR) Suzuki di Indonesia. Mereka diberi kesempatan melihat proses perakitan mobil, serta mengamati sistem Green Concept yang diterapkan pada aktivitas pabrik.

Dalam kesempatan tersebut, para siswa mendapatkan pemahaman tentang bahaya limbah dan sampah, dibarengi dengan solusi pengolahan sampah yang benar. Mereka juga melakukan praktik simulasi pemilahan sampah berdasarkan jenisnya, guna mengetahui bahwa terdapat beberapa jenis sampah yang bisa diolah kembali menjadi sesuatu yang bermanfaat.

pabrik_suzuki_cikarang_2

Dalam rangkaian tour di Pabrik Suzuki, para siswa mellihat proses produksi, mulai dari tahap Pencetakan (Stamping), Pengelasan (Welding), Pengecatan (Painting), Perakitan (Assembling) hingga proses pengolahan limbah produksi. Mereka diperlihatkan alat pengolahan limbah cair, yakni waste water treatment, yang mana dengan alat tersebut cairan berisi bahan-bahan kimia akan disaring, sehingga air yang keluar bisa dimanfaatkan kembali dengan aman.

“Kami merasa bahwa Hari Lingkungan Hidup ini merupakan momen yang tepat untuk mengajak anak-anak lebih peduli terhadap lingkungan, mulai dari memperkenalkan hal-hal kecil di sekitar mereka yang memiliki dampak positif maupun negatif bagi lingkungan. Anak-anak sebagai generasi penerus bangsa memegang peran penting untuk menjaga lingkungan. Melalui contoh nyata aktivitas yang Suzuki lakukan untuk menjaga lingkungan sekitar, kami ingin agar anak-anak juga memahami pentingnya memelihara lingkungan sedari dini,” papar Head Of HRDGA Cikarang Plant PT Suzuki Indomobil Motor, Fajar Dewanto.

pabrik_suzuki_cikarang_3

Siswa SD Al-Azhar Syifa Budi Jatibening melengkapi kegiatan kunjungan industri dengan menanam 50 pohon Mahoni di area Pabrik Suzuki.

“Siswa -siswi kami terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan Kunjungan Industri di Suzuki. Tujuan awal kami ke pabrik Suzuki adalah untuk belajar mengenai proses produksi mobil. Tetapi kami juga disuguhkan dengan kegiatan yang bisa menjadikan siswa-siswi kami peduli akan lingkungan hidup. Untuk itu kami sangat berterima kasih kepada Suzuki.” ujar Kepala Sekolah SD Al-Azhar Syifa Budi, Mochtar.

Kegiatan kunjungan pabrik Suzuki terbuka untuk umum. Jika ingin melakukan kunjungan pabrik, silahkan kirimkan surat permohonan kunjungan via email ke kunjunganpabrik@suzuki.co.id.  Kunjungan pabrik Suzuki tidak hanya dibuka untuk pabrik pembuatan mobil di Cikarang, melainkan juga pabrik pembuatan motor di Tambun dan pabrik pembuatan mesin di Cakung. (rls/NM)

 

LEAVE A REPLY

*