15 Anak Remaja di Thailand Meninggal Setiap 10 Hari Karena Kecelakaan Motor

0
15 Anak Remaja di Thailand Meninggal Setiap 10 Hari
Penelitian CSIP di Thailand menyebutkan, setiap 10 hari ada 15 anak remaja meninggal karena kecelakaan sepeda motor. Foto: FB

NaikMotor – Sebuah penelitian CSIP mengungkap  data memilukan  bahwa  15 anak remaja di Thailand meninggal setiap 10 hari karena kecelakaan sepeda motor.

Menurut Dr. Adisak Plitpolkarnpim, director Child Safety Promotion and Injury Prevention Research Centre (CSIP) Ramathibodi Hospital Thailand, dari 15 korban meninggal tersebut berkisar di rentang usia 10 sampai 14 tahun. Sungguh menyedihkan!

Dalam rangka mencegah banyaknya korban lagi sekaligus mengampanyekan pentingnya keselamatan berkendara di kalangan muda Thailand, CSIP telah membuat tayangan video klip untuk menunjukkan data kecelakaan yang melibatkan usia belasan tersebut.

Tayangan video tersebut telah diunggah di media sosial  dan  sejauh ini berhasil menarik banyak pengunjung  seperti  dilaporkan Thai PBS .

Dr Adisak mengatakan bahwa orang tua bertanggung jawab atas kematian dan cedera para korban di usia muda tersebut, namun ia tidak menempatkan semua kesalahan pada mereka. “ Semua orang-orang yang melihat anak –anak di bawah umur berkendara berboncengan atau  siapa saja yang naik motor dan tidak melakukan tindakan apapun, itu yang harus disalahkan,” sebutnya.

Setiap tahun,  15.800 anak-anak di Thailand terlibat dalam kecelakaan sepeda motor dan 700 korban dari mereka meninggal. Sebagian besar korban tersebut berada di usia antara 12 sampai 15 tahun. Jumlah korban tewas akan meningkat menjadi 31 dalam sepuluh hari selama liburan panjang atau festival seperti Tahun Baru dan Songkran.

Dr Adisak mencatat bahwa korban dari kecelakaan sepeda motor yang melibatkan anak-anak berusia di bawah 15 cenderung meningkat setiap tahun. “ Hal ini membuat Thailand menjadi negara  nomor satu di dunia dengan jumlah kematian tertinggi  akibat kecelakaan yang melibatkan sepeda motor,” sebutnya. Ngeri ! (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

*