Cuaca Ekstrem dan Peserta Terjebak, Stage 6 Reli Dakar 2017 Dibatalkan

1
Stage 6 Reli Dakar 2017 Dibatalkan
Penyelenggara Dakar Rally 2017 membatalkan tahapan keenam akibat cuaca ekstrem. Foto: Dakar

NaikMotor – Penyelenggara mengumumkan bahwa stage 6 Reli Dakar 2017 dibatalkan Sabtu (7/1/2016) karena cuaca buruk. Stage keenam seharusnya akan melahap rute Oruro ke La Paz di Bolivia sejauh 786 km.

Pembatalan itu terkait cuaca ekstrem yang membuat beberapa peserta masih terjebak di dalam arena kompetisi.

“Mengingat kondisi cuaca ekstrem dan beberapa pengendara masih di arena; Menimbang bahwa mustahil untuk membawa kendaraan dari semua peserta kembali ke bivouac dan mempersiapkan tahap berikutnya dalam kondisi terbaik; Mengingat bahwa para personel dari organisasi yang bertanggung jawab melaporkan bahwa kondisi jalan tidak bisa diprediksi, maka tahapan 6 dari Oruro ke La Paz dibatalkan,” tulis rilis resmi dari penyelenggara Dakar.

Pereli Yamaha Xavier de Soultrait yang mengendarai Yamaha WR450F, menyatakan,”Etape sebelumnya sebenarnya sudah diperpendek hanya 219 km dari 447 km yang seharusnya. Cuaca benar-benar buruk sulit untuk mencapai Oruro. Selain itu, special stage pun sulit dijangkau dengan bantuan navigasi sekalipun. Untuk menemukan jalur yang benar, saya harus menghemat bahan bakar setelah tersasar. Saya finis di posisi 15 dalam waktu 32 menit. Tetapi pereli top lainnya banyak yang tercecer. Saya masih menempati posisi ke-6,” sebut Xavier.

Etape keenam sebenarnya lebih banyak padang pasir, tetapi dengan hujan deras di Bolivia, maka akan sulit untuk dilaluinya. Sehingga penyelenggara secara resmi membatalkan.

“Meski menyesalkan, tetapi sebenarnya fisik saya sangat lelah karena belum sempat istirahat cukup setelah 300 km sebelumnya yang berat. Pagi hari kami akan konvoi ke La Paz untuk stage tersisa,” sebut Xavier. (Afid/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY