Sirkuit Hungaroring Hungaria Digenjot untuk Gelar Balapan MotoGP 2018

0
Sirkuit Hungaroring Hungaria
Renovasi Sirkuit Hungaroring dilakukan untuk menggelar balapan MotoGP 2018. Foto: Hungaroring

NaikMotor – Renovasi Sirkuit Hungaroring Hungaria terus digenjot demi bisa menjadi penyelenggara seri balap MotoGP 2018. Selain merenovasi aspal, sirkuit sepanjang 4.381 kilometer itu juga membenahi infrastruktur, sesuai rekomendasi dari FIM.

Lintasan balap yang terletak di pinggir Ibukota Hungaria, Budapest itu mendapatkan pemugaran untuk kali pertama, sejak dibangun tahun 1985. Pengelola Sirkuit Hungaroring mengubah bentuk beberapa tikungan, dan pinggiran lintasan. Pembangunan gedung utama dan tribun juga telah dimulai, bersamaan dengan pembuatan museum di area sirkuit.

sirkuit_hungaroring_2

Semua aspek dalam perbaikan sirkuit mengacu pada standar FIM, guna memuluskan jalan Hungaroring untuk menjadi tuan rumah di rangkaian kompetisi MotoGP.

“Selama pengerjaan kami terus melakukan kontak dengan FIM, guna memastikan trek layak digunakan untuk balapan MotoGP. Terdapat masukan dari pihak-pihak lain soal rute (lintasan) dan jalur keluar lintasan (gravel) agar Hongaroing pantas digunakan untuk kegiatan balap motor. Untuk bisa masuk ke MotoGP, Pemerintah Hungaria harus sungguh-sungguh menjalankan perannya, dan kami percaya mereka melakukannya,” ujar CEO Hungaroring, Zsolt Gyulay dalam interview dengan stasiun TV di Hugaria, M1 Channel.

sirkuit_hungaroring_3

Dua dekade lalu, tepatnya di tahun 1990 sampai 1992, Hungaroring pernah merasakan menjadi penyelenggara Grand Prix  500cc. Kala itu, Mick Doohan dan Eddie Lawson yang menjadi pemenang balapan di sana dalam periode tersebut.

Saat ini, Sirkuit yang pertama kali menggelar balapan tahun 1986 itu terikat kontrak sebagai penyelenggara balapan Formula 1 hingga tahun 2026 mendatang. (Yudistira/nm)

LEAVE A REPLY