Mencuci Dirtbike Usai Digunakan

0
Mencuci Dirtbike Usai Digunakan
Membersihkan kotoran dari trek offroad, pastinya akan membutuhkan alat semprot air yang cukup kuat. Foto: Yusuf Arief

NaikMotor Р Mencuci dirtbike usai digunakan bukan hanya akan membuatnya lebih bersih tetapi juga akan memudahkan jika harus melakukan perbaikan. Dirtbike yang bersih dipercaya akan memperpanjang usia pakai. 

Sehabis beradventure dengan sepeda motor dirtbike atau trail terutama melalui trek berlumpur, alangkah baiknya untuk membersihkannya sebelum memarkir di garasi atau melakukan perbaikan. Tetapi ternyata meski dirtbike itu tahan banting, cara mencucinya perlu langkah tertentu yang harus diperhatikan. Agar maksud untuk membersihkan sepeda motor justru malah merusaknya.

Mencuci Dirtbike Usai Digunakan
Fifi Fitria, senior manager business development, Kaercher Indonesia, saat memperagakan alat semprot K Series yang digunakan untuk membersihkan sepeda motor para peserta Malang Adventure Trail. Foto: Yusuf Arief

Fifi Fitria, senior manager business development, Kaercher Indonesia, mengatakan, “Dirtbike yang sering digunakan di medan-medan sulit cenderung akan meninggalkan kotoran membandel, sehingga dibutuhkan tenaga ekstra dalam membersihkan. Karena jika dibiarkan kotoran tersebut akan mengeras dan mengakibatkan karat, atau membuat getas kabel dan komponen berbahan plastik atau karet.”

Membersihkan kotoran dari trek offroad, pastinya akan membutuhkan alat semprot air yang cukup kuat. Produk-produk seperti Kaercher High Pressure Cleaners K 2 Basic Car akan cukup ampuh dalam mengenyahkan kotoran bahkan di tempat yang sulit dijangkau.

Sebelum mencuci pastikan tersedia perlengkapan lainnya, seperti shampoo sepeda motor, kain chamois atau awam menyebutnya sebagai Kanebo atau paling tidak sediakan kain lap berbahan lembut, sikat berbulu lembut, dan jika perlu sediakan tabung sabun (aksesoris Kaercher FJ3 Foam Jet).

Fifi Fitria, senior manager business development, Kaercher Indonesia
Sebelum memulai mencuci dritbike, pastikan peralatan cuci sudah tersedia. Foto: Yusuf Arief

Langkah berikutnya pencucian:

  • Tempatkan sepeda motor di permukaan yang datar dan berpermukaan keras. Gunakan bike stand jika perlu.
  • Pastikan mesin, dan knalpot dalam keadaan dingin. Gunakan air dari sumber air yang bersih.
  • Pastikan komponen kelistrikan dan filter udara terlindung dari semprotan langsung.
  • Bilas kendaraan anda terlebih dahulu dengan High Pressure Cleaners K 2 Basic Car untuk membersihkan lumpur dan kotoran yang menempel.
  • Tuang shampo motor kedalam aksesoris FJ 3 Foam Jet dan campur dengan air agar tidak terlalu kental, kemudian sambung FJ3 Foam Jet dengan gun, semprot shampo pada body motor dan tunggu beberapa saat.
  • Sikat bagian tertentu yang sulit dibersihkan seperti celah kembangan ban.
  • Kemudian bilas dengan high pressure cleaner K 2 Basic Car hingga sabun dan kotoran larut, jika ingin lebih mudah membersihkan bagian bawah, dapat menggunakan aksesoris tambahan dengan Kaercher VPS 145 S.
  • Setelah selesai membilas, gunakan kain lembut atau kanebo untuk mengeringkan air di motor. Pastikan jangan tunggu air hingga kering karena dapat merusak permukaan body yang dicat.
  • Dan sepeda motor offroader Anda siap untuk diajak berkotor-kotoran kembali? (Afid/nm)

LEAVE A REPLY