Yamaha Powa D10, Hanya Keberuntungan untuk Melihatnya

0
17
Yamaha Powa D10, Hanya Keberuntungan untuk Melihatnya
Yamaha Powa D10 hanya dibuat 10 unit pada 1988. Foto: motoblog

NaikMotor – Yamaha Powa D10 mungkin tak akan pernah dikenal khalayak secara luas. Boleh dikata hanya keberuntungan untuk melihatnya. Sebab Powa D10 dibuat oleh pabrikan kecil dari Swiss . Dan hanya dibuat sebanyak 10 unit saja pada 1988 oleh pabrikan kecil di Swiss.

Saat ini untuk mendapatkan unit bekasnya sangat sulit, tinggal faktor keberuntungan. Itu pun juga hanya sekali-sekali saja ditawarkan dalam lelang online.

Pabrikan Swiss House Moko-Powa memproduksi Yamaha Powa D10 atas ide Hans Walter. Pemilik Powa itu dikenal dengan ide yang unik dan futuristiknya untuk desain sepeda motor pada saat itu. Powa D10 dibangun dengan basis sportbike FZ750 bermesin 4 silinder yang diperkenalkan pada 1985 oleh Yamaha Motor Company.

Sejatinya produk sepeda motor sport dari Iwata itu mampu melaju hingga kecepatan 240 km/jam. Mesin 750 cc-nya menghasilkan 110 daya kuda, mesin 4 silinder itu telah dilengkapi pendinginan cairan. Untuk mencapai kecepatan puncaknya FZ750 hanya butuh 7,5 detik saja.

Namun, Walter tampaknya tak puas dengan penampilan sportbike dari Jepang tersebut. Walter pun hanya meminjam mesin dan rangka, rancangan lainnya difokuskan untuk perbaikan aerodinamika. Meskipun penampilannya justru malah melampaui jamannya saat itu.

Yamaha Powa D10
Powa D10 hanya meminjam mesin dan rangka Yamaha FZ750. Foto: motoblog

Penampilan perdana Powa D10 pada 1988, saat IFMA Lounge di Zurich. Dihadirkan dengan fairing penuh yang menjadi ciri khasnya. Setiap panelnya dihitung dengan cermat untuk menghasilkan turbulensi aerodinamika.

Sosok Powa D10 sebenarnya mirip dengan Moto Guzzi 8 silinder produk 1950-an. Tetapi dengan kepresisian desain, D10 lebih efisien dibandingkan FZ750 yang menjadi basisnya. Bahkan kecepatan puncaknya mencapai 301 km/jam saat itu.

Dari 10 unit yang dibuat Walter, kini tersisa hanya 6 unit di seluruh dunia. Pemburu kolektor langka pun harus menjelajah dari lelang ke lelang secara online untuk mendapatkannya, itu pun ditambah dengan faktor keberuntungan. Dan harganya hingga saat ini tak ada yang mau membeberkannya.

Yamaha Powa D10, Hanya Keberuntungan untuk Melihatnya
Para kolekter terus memburu Yamaha Powa D10, meski harganya masih abu-abu. Foto: motoblog

Sebuah Powa D10 yang menjadi bahan tayangan ini sesungguhnya terdaftar atas nama sebuah diler sepeda motor ternama di Paris. Sepeda motor langka itu teregistrasi di sana sejak tahun 2000.

Dan Powa D10 itu hanya pernah dijalankan sejauh 3.500 km saja seperti tertera pada odometernya. Serta pernah mengalami restorasi penuh pada 2015. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*