Djakarta Rumble 2016 Beri Kiat Custom dengan Budget Terbatas

1
Djakarta Rumble 2016 Beri Kiat Custom dengan Budget Terbatas
Derby Romero dan Mastom saat memberikan kiat custom dengan budget terbatas di Djakarta Rumble 2016. Foto: afid

NaikMotor – Sebuah topik menarik tentang custom dengan budget terbatas dibahas di Djakarta Rumble 2016. Dua builder piawai menyajikan kiatnya kepada pengunjung event bertema Old Skool Revival itu.

Djakarta Rumble 2016, sebenarnya bukan hanya menampilkan pesta custom roda dua saja. Ada banyak pengetahuan yang bisa didapat. Termasuk bagaimana mengcustom dengan budget terbatas, seperti yang disampaikan Derby Romero dari FRC Garage dan Tommy Dwi Djatmiko dari Mastom Custom dalam program talkshow, Minggu (18/12/2016).

Tommy yang biasa dipanggil Mastom itu membuka pembicaraan, “Modifikasi atau custom itu memang relatif mahal. Tergantung pada kerumitan dan sebagainya, dan pastinya ada biaya jasa untuk builder yang mengerjakannya.”

“Tetapi untuk budget yang terbatas bisa saja dengan memulai dari pemilihan bahan. Jika bahan bermesin 2 langkah, biasanya lebih murah daripada yang 4 langkah,” lanjutnya. “Kelebihan dari model bermesin 2 langkah, komponennya lebih sedikit, sehingga untuk kebutuhan komponen pengganti akan lebih murah.”

Djakarta Rumble 2016 Beri Kiat Custom dengan Budget Terbatas
Yamaha L2C 1990-an bisa dijadikan bahan untuk custom berbudget terbatas. Foto: afid

Berikutnya, carilah bahan yang popular di jamannya, seperti Suzuki A100 atau Yamaha L2C tahun 1990-an. Saat ini model-model itu bisa ditebus dengan harga Rp 1,5 hingga 2,5 juta, komplit dengan surat-suratnya. Permasalahannya biasanya pajak yang mati, atau Pajak Kendaraan Bermotornya belum dibayar sekian tahun. Tetapi kondisi fisik motor masih terbilang baik dan masih bisa dijalankan.

Jangan lupa, belajarlah untuk membongkar sendiri mesin, atau bawalah ke montir yang dikenal sehingga bisa lebih murah. Sedangkan Derby lebih menyorot soal identifikasi kebutuhan komponen yang harus dibersihkan , diperbaiki atau diganti saat membongkar tadi.

Selanjutnya, kata Mastom, bergabunglah dengan media sosial komunitas model sepeda motor itu. Gunanya, untuk mengetahui di mana kita bisa berburu komponen dan membandingkan harga, sekalian berkonsultasi segala hal tentang model tersebut.

Djakarta Rumble 2016 Beri Kiat Custom dengan Budget Terbatas
Talkshow bagaimana mengcustom dengan dana terbatas di Djakarta Rumble 2016. Foto: Afid

Kalau perlu gunakanlah sepeda motor itu dalam kondisi belum dirubah untuk rutinitas harian selama beberapa bulan. Gunanya untuk merasakan dan mempertimbangkan kelak bahan tersebut akan diubah menjadi apa. Saat ini model custom yang tengah popular adalah trail, scrambler atau model retro-classic. Jika memilih restorasi pertimbangankan biaya mendapatkan komponen orisinalnya.

Foto dan dokumentasikanlah before and after, agar nanti bisa mempunyai memori atas usaha Anda itu. Dan rancanglah sendiri desain custom yang diinginkan.

Untuk pengecatan pilihlah tukang cat mobil, karena jika menerima proyek sepeda motor biasanya dianggap sebagai pekerjaan sambilan, dan biayanya lebih murah. (Afid/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*