Continental eHorizon, Pengumpul Data Sistem Digital untuk Pengendara

0
Continental eHorizon
Continental eHorizon akan menjadi pemandu bagi para pengendara sepeda motor. Foto: Continental

NaikMotor – Tahun lalu, Continental mendemonstrasikan sistem informasi antarkendaraan  yang disebut eHorizon untuk mobil. Kini, Continental telah mengadaptasi sistem untuk sepeda motor, sebuah versi baru dari sistem yang dirancang khusus untuk kendaraan roda dua.

Sistem ini menggunakan apa yang Continental namakan sebagai “swarm intelligence” atau kecerdasan kolektif, sistem yang mengumpulkan data dari beberapa kendaraan ke dalam Clouds yang akan mengirimkan informasi kembali ke kendaraan masing-masing.

Dengan eHorizon produk pengembang Continental yang berbasis di Singapura akan memungkinkan pengendara sepeda motor seperti melihat semua penjuru. Sistem interkoneksi pengendara eHorizon itu menawarkan platform bersama untuk masyarakat pengendara sepeda motor, dan memungkinkan mereka untuk berbagi informasi rute penting.

Melalui sistem ini, temuan perusahaan teknologi internasional itu memanfaatkan konsep swarm intelligence, yang terus memasok peta digital di backend dengan akurat dan informasi up-to-date.

“Data yang terkumpul tersimpan di Clouds dan tersedia untuk semua pengendara sepeda motor. Hasilnya, sistem eHorizon akan mampu menginformasikan hambatan di depan di sepanjang rute mereka seperti zona konstruksi, kecelakaan, kondisi licin, atau kemacetan lalu lintas. Tentunya, informasi ini dapat meningkatkan keselamatan, tidak hanya untuk pengendara sepeda motor, tetapi juga bagi pengguna jalan lainnya, “kata Ralf Lenninger, kepala Sistem Transportasi Cerdas Continental.

Untuk mengintegrasikan perangkat lunak, Continental telah mengembangkan instrumen cluster digital. Panel yang tidak hanya menampilkan semua informasi biasa seperti putaran mesin dan kecepatan, tetapi juga berisi sebuah panel informasi yang menampilkan informasi keselamatan yang relevan seperti lalu lintas dan cuaca. Serta pemberitahuan tentang panggilan telepon masuk atau musik. Perangkat lunak ini mengutamakan informasi yang ditampilkan sesuai dengan preferensi pengguna.

Sistem dapat juga menyediakan data rute melalui peta digitalnya, sehingga pengendara bisa merekam posisi mereka saat ini dan, ketika telah mencapai tujuan, sekaligus bisa memasukkan informasi spesifik tentang lokasi dan kondisinya. Data ini akan dikumpulkan dan diproses di Clouds, ditambahkan ke peta insiden, dan kemudian berbagi dengan pengendara sepeda motor lainnya yang tengah berkendara di sepanjang rute ini.

Untuk ini dan fungsi lainnya, Continental telah mengembangkan aplikasi smartphone yang dilengkapi dengan Connection Manager Bluetooth memungkinkan smartphone untuk berkomunikasi dengan instrument cluster. Aplikasi ini memungkinkan pengendara sepeda motor untuk bernavigasi secara turn-by-turn yang ditampilkan pada cluster. Pengendara sepeda motor juga memiliki pilihan untuk memindahkan pemberitahuan panggilan tidak terjawab, waktu, atau status smartphone mereka dari telepon ke layar.

Fungsi Bikefinder memungkinkan pengendara sepeda motor untuk mencari sepeda motor mereka bahkan di tempat parkir bawah tanah yang sibuk, menggunakan Bluetooth Low Energy dan frekuensi radio. Immobilizer cluster terpadu juga dapat dinonaktifkan menggunakan aplikasi, dan penyalaan mesin dimungkinkan dengan menggunakan tombol pintar berbasis Bluetooth.

Jika sistem kendaraan mendeteksi bahwa kecelakaan telah terjadi, mereka dapat menggunakan koneksi smartphone untuk secara otomatis mengirim pesan teks darurat ke kontak yang telah ditetapkan. Untuk memastikan bahwa koneksi terus menerus antara smartphone dan instrument cluster tidak menguras baterai telepon, disediakan USB untuk pengisian.

Melalui platform aplikasi ini, Continental memungkinkan ada kelompok pengendara sepeda motor untuk berbagi data secara digital. Pengendara sepeda motor dapat menggunakan aplikasi untuk berbagi informasi seperti jarak tempuh, tempat yang dikunjungi, atau apa pun yang menarik bagi semua orang dalam kelompok. Sebuah halaman web khusus telah dibuat untuk tujuan ini. Integrasi cluster instrumen dan eHorizon tidak terbatas pada setiap kelas sepeda motor tertentu, yang berarti sepeda motor yang lebih kecil bisa berpotensi terhubung. Desain dan isi dari platform dapat dengan mudah disesuaikan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Continental akan menampilkan eHorizon versi sepeda motor di Consumer Electronics Show (CES) 5 Januari 2017 di Las Vegas, Amerika Serikat. (Afid/nm)

Sistem ini menggunakan apa yang Continental namakan sebagai "swarm intelligence" atau kecerdasan kolektif, sistem yang mengumpulkan data dari beberapa kendaraan ke dalam Clouds yang akan mengirimkan informasi kembali ke kendaraan masing-masing.

LEAVE A REPLY