Final Trilogi YCR 2016 Siap Panaskan Sirkuit Bukit Peusar Tasikmalaya

0
Final Trilogi YCR 2016 Siap Panaskan Sirkuit Bukit Peusar Tasikmalaya
Race Yamaha Cup Race 2016 seri Tulungagung. Foto: YRI

NaikMotor – Seri pamungkas Yamaha Cup Race 2016 akan bergulir di Sirkuit Bukit Peusar , Tasikmalaya (10-11/12/2016). Persaingan di kelas seeded diprediksi akan memanaskan jalannya balapan, mengingat tipisnya selisih perolehan poin di klasemen sementara.

Ajang balap satu merek gagasan Yamaha Indonesia menggelar tiga seri balapan musim ini. Seri pertama berlangsung di Purwokerto bulan Juli lalu, kemudian seri kedua terselenggara di Tulungagung pada akhir bulan lalu, dan Tasikmalaya menjadi tuan rumah babak final.

Sirkuit Bukit Peusar akan memberikan tantangan berbeda buat para pembalap, dengan layout diwarnai tanjakan dan turunan, serta tikungan tajam. Para pembalap akan saling bertaruh strategi demi bisa menjadi yang tercepat di Sirkuit yang memiliki lintasan sepanjang 1,3 km tersebut.

“YCR seri ke-3 ini adalah babak final di tahun 2016. Untuk penentuan juara umum pertarungannya begitu ketat. Ini bisa dilihat dari hasil YCR 2016 Tulungagung dimana banyak rider muda berbakat seperti Sulung Giwa dan Dicky Ersa, keduanya dari Bahtera Racing, kemudian Wawan Wello dari Yonk Jaya, Faisal Baharudin dari Semoga Abadi, Herjun AF dari Putra Anugrah. Mereka adalah pemegang poin sementara,” ujar General Manager After Sales & Motor Sports PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), M. Abidin.

Bukan hanya persaingan pembalap secara individu, tim-tim dengan nama besar, seperti Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin NGK Bahtera, Yamaha Putra Anugrah, Yamaha Yonk Jaya, dan Yamaha SND juga beradu kuat demi menjadi tim terbaik. Begitu juga dengan tim privater, sebut saja Kaboci, Shakespeare, Kheevalindo Waloja, Bien Racing dan tim-tim asal Jawa Barat serta kota lain di Tanah Air yang turut memanaskan pertarungan.

Sebelum memasuki rangkaian balapan, para pembalap muda akan mengikuti sesi coaching clinic yang akan dibawakan oleh pembalap Yamaha Racing Indonesia (YRI), Galang Hendra Pratama. Pembalap yang berlaga di AP250 Asia Road Racing Championship (ARRC) dan pernah merasakandimentori oleh Valentino Rossi dalam kegiatan VR46 Master Camp itu akan memberikan pemahaman soal materi seputar balap, seperti racing line, titik pengereman dan buka-tutup gas.

Pada rangkaian YCR tahun ini, YIMM membuat agenda safety riding untuk pelajar setaraf SMA. Beberapa sekolah di Tasikmalaya akan disambangi oleh tim Yamaha Riding Academy (YRA) untuk melakukan kegiatan tersebut.

“Sebelum memasuki agenda balapan, tim Yamaha Riding Academy (YRA) akan berkunjung ke sekolah-sekolah seperti SMK Al-Falah Tanjung Jaya, SMK As-Sabiq Singaparna, Pesantren Al-Islah dan SMK Al-Huda. Kemudian komunitas YRFI pun akan hadir meramaikan acara ini,” urai Abidin.(Yudistira/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here