Sadis, Honda C70 Ini Ternyata Berbasis New Sonic yang Dipotong-potong

5
Tampilan Honda C70 ini ternyata berbasis New Sonic yang dipotong-potong
Tampilan klasik Honda C70 ini ternyata berbasis Honda New Sonic yang dipotong-potong. Foto:Istimewa

NaikMotor- Apa yang dilakukan Toni Prasetyo dari Palangkaraya ini tergolong sadis. Bayangkan, tampilan Honda C70 ini ternyata berbasis New Sonic yang dipotong-potong dengan didandani dengan komponen premium.

Awalnya, Toni yang bekerja di bidang kontraktor ingin mendadani motor klasiknya, Honda C70  bergaya racing dan bisa diajak toring, seperti hobinya sekarang ini. Namun, keinginannya tersebut ditumpahkan ke sosok Honda New Sonic 150R.

sonic_c70_palangkaraya-10_resizeDibantu rekan-rekan klubnya C-Sempak (C-Series Motor Palangkaraya), Toni akhirnya mengorbankan sosok motor bebek sport ayam jago tersebut dengan memenggal konstruksinya.

Modifikasi ekstremnya yakni memadukan sasis dan mesin Honda Sonic untuk kemudian menggunakan ‘baju’ Honda C70.  “ Komposisinya 90% Sonic, dan 70% Honda C70. Banyak yang bilang motor ini C70 bermesin jahat, hehehe..” kekeh Toni.

“ Buntut belakangnya pakai punya C70, swingarm masih pakai bawaan Sonic, cuma dudukan monoshock dipotong, kemudian dibuat mounting baru untuk  pasang shockabsorber ganda seperti halnya C70  ,” lanjut Toni lagi.

sonic_c70_palangkaraya-26_resizeSementara bagian depan, menurut Toni juga tetap mengandalkan punya Sonic dan bagian kakinya mencomot fork mililk Yamaha MX King yang lebih tinggi dan batang asnya kemudian atasnya dipasang setang dan batok milik Honda C70.

Toni juga tidak sembarangan mengubah tampilan, namun beberapa komponen premium ikut menempel bukan sekadar gaya tapi juga fungsinya.Suspensi belakang misalnya, Toni langsung mengorder ke Ohlins Indonesia untuk mendapatkan produk istimewa sekaligus mendukung kenyamanan berkendaranya. Oiya, bukan hanya shockabsorber, namun juga stabilizer setang produk Ohlins ikut dipasangnya.

sonic_c70_palangkaraya-11_resize“Sayang Ohlins enggak punya untuk suspensi depan bebek. Tapi saya merasakan kemampuannya bisa diandalkan selama touring kemarin,  lebih empuk ketimbang produk sebelumnya,” sebut pria 27 tahun yang hobi naik gunung. Sementara bannya mengambil Battlax BT39 yang dianggapnya mumpuni saat melibas jalanan Kalimantan.

Kalau mesin, tidak banyak mendapat ubahan apapun, Cuma Toni memasang knalpot Daytona. Selain itu bagian perangkat rem, Toni menjejalkan produk Nissin enam kaliper piston.

Soal kemampuannya, Toni sudah menguji hampir 800 km dari Palangkaraya menuju Samarinda Kalimantan Timur bersama rekan-rekan klubnya. Target ke depan, Toni ingin menjelajah Pulau Jawa sekaligu menghadiri jambore nasional C70 di Madura pada 2017. Bravo! (Arif/nm)

Spesifikasi Modifikasi

Mesin New Honda Sonic 150 R

Body C70

Master rem atas Nissin Daytona

Selang rem Daytona

Master rem bawah Nissin 6 piston

Stabilizer Ohlins

Shok belakang Ohlins

Ban Battlax BT39

Rantai gir Daytona

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

*