Terobosan Unik Honda Tiger Neo Cafe Racer Berkaki ‘Bobber’

0
Terobosan Unik Honda Tiger Neo Cafe Racer dengan Kaki-kaki 'Bobber'
Honda Tiger Neo Cafe Racer karya Hendra Agus. Foto: Yudistira

NaikMotor – Kombinasi berbagai gaya bukanlah sesuatu yang haram pada sepeda motor custom. Seperti Hendra Agus yang meracik Honda Tiger dengan menggabungkan style modern sport dan café racer.

Pria asal Jakarta itu ingin membuat sesuatu yang berbeda, dan jauh dari kesan monoton pada karyanya tersebut. Ia memilih konsep neo café racer, yang merupakan pengembangan dari café racer klasik. hasilnya, karya tersebut menjadi juara pertama kategori Sport Free For All (FFA) dibawah 250cc Suryanation Motorland Malang 2016.

Uniknya, Hendra memilih ban berukuran besar pada roda belakang, seperti ban yang digunakan pada motor bobber. Velg gendut berukuran 12 inch diaplikasikan bersama ban Avon Cobra berukuran 300/35-18.

Ia juga membuat sendiri jari-jari velgnya. Jari-jari trapesium tersebut memiliki dimensi yang tebal agar bisa menopang velg gambotnya.

“Saya ingin menunjukan bahwa konsep sport bisa digabung dengan gaya klasik. Hasilnya menjadi tidak monoton. Suspensi depan pakai springer supaya ada unsur klasiknya, tetapi velg belakang lebar seperti motor Bobber. Frame dan jari-jari custom,” jelas Hendra.

Sektor body juga dibuat tak biasa oleh punggawa Workshop Baronk Custom Bogor itu. Ia mendesain tangki bahan bakar berbentuk runcing dan posisinya menungging. Buntut tawon khas café racer dibuat menyatu dari tangki bahan bakar.

“Saya lihat dari keseluruhan banyak bentuk runcing, jadi saya buat tangki meruncing seperti itu,” ungkap Hendra.

Visor depan dibuat mungil, tujuannya untuk menonjolkan suspense springer yang membangun unsur klasik. “Tadinya saya hanya mau kasih lampu saja (tanpa visor), tapi enggak dapat gaya café racernya.  Jadi saya buat (visor) kecil supaya suspense springernya tetap terlihat,” papar pria ramah itu. (Yudistira/nm)

Spesifikasi Modifikasi Motor:

Pelek Depan: Custom 3 inch ring 17

Pelek Belakang: Custom 12 inch ring 18

Ban Depan: Zeneos 120/55-17

Ban Belakang: Avon Cobra 300/35-18

Cakram: Custom

Kaliper: Variasi

Handle Rem: Hidrolik KTC

Handle Kopling: Hidrolik KTC

Suspensi Depan: Custom Springer

Swing Arm: Custom Tubular

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here