Begini Mesin Motor Balap KTM RC16 MotoGP Diracik

0

NaikMotor – KTM membuka selubung bagaimana motor balap KTM RC16 MotoGP mereka dikembangkan dengan serial video di Youtube. Termasuk uji performa mesin RC16 di simulasi trek Mugello.

Motor balap KTM RC16 MotoGP akan segera unjuk gigi di Valencia berkat wild card. Seiring dengan itu pabrikan dari Austria tersebut juga mulai membuka bagaimana kesibukan tim mempersiapkan mesin balap mereka. Semua itu terpaparkan dalam serial video yang mereka publikasikan di Youtube dan media sosial KTM lainnya.

Dalam video pertama ditampilkan wawancara tim yang mengembangkan sepeda motor dan sekilas proses perakitan dan pengujiannya secara simulasi di markas KTM di Mattighofen, Austria. Tampak dalam video sebongkah mesin RC16 seolah tengah menjalani uji trek di Sirkuit Mugello.

Video juga secara gamblang menunjukkan sosok mesin V4 90 derajat itu, dan sekaligus suaranya saat tengah menjajal trek Mugello. Suara yang mirip dengan mesin V4 RC213V dengan urutan pengapian screamer.

Namun video tersebut belumlah menampilkan semuanya, dijanjikan masih ada beberapa sekuel video tentang sepeda motor balap KTM RC16 MotoGP.

Kurt Trieb, chief designer engine, menyatakan, “Dari semua kerumitan yang kami lakukan, justru tujuan kami adalah ingin menciptakan mesin sederhana tetapi reliable.”

Sementara, Dan Goodwin, project manager electronic development, menimpali, “Salah satu komponen yang kita kerjakan misalnya, pembatas putaran, yang diterapkan justru agar tenaga mesin optimal. Toh, jika over rev juga, tenaga akan drop.” (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here