Pertamina Raih Penghargaan di Bidang Pendidikan Bengkel Roda Dua

0
Pertamina
Program Enduro Student Program (ESP) meraih dua kategori penghargaan dari Nusantara CSR Award. Foto: Pertamina

NaikMotor – Program pendidikan perbengkelan roda dua Enduro Student Program (ESP) sukses meraih penghargaan Nusantara CSR Award yang digagas La Tofi School of CSR, dalam dua kategori, yakni peningkatan mutu pendidikan, dan pemberdayaan usaha kecil.

ESP merupakan program yang dijalankan Pertamina sebagai sarana pendidikan perbengkelan roda dua yang ditujukan untuk meningkatkan keterampilan bengkel, kewirausahaan, serta perencanaan bisnis bagi kaum muda.

Program tersebut melibatkan 21 siswa yang memiliki minat dan kemampuan untuk membangun wiraswasta dalam industry perbengkelan.

Di samping itu, Pertamina Lubricants telah menjalin mitra dengan tujuh bengkel independen di Cilacap yang dijadikan tempat magang untuk peserta ESP. Di sana, para siswa bisa mengaplikasikan secara langsung kewirausahaan dan pemasaran dalam praktik sebenarnya.

Peserta ESP bukan hanya dibekali modal materi dan praktik kewirausahaan, tetapi mereka juga ditantang untuk membuat inovasi dan mengeluarkan ide kreatif dalam urusan pemasaran dan penjualan pelumas. Mereka akan membuat perencanaan bisnis, untuk bisa mengasah kemampuan mereka dalam berwirausaha.

Pertamina juga memberdayakan home industry di Cilacap untuk mengolah drum bekas non B3 lewat proses daur ulang, menjadi perabot seperti lemari, kursi, dan meja yang memiliki nilai ekonomis. Barang-barang tersebut juga digunakan untuk kebutuhan bengkel.

Program tersebut diharapkan bisa mengembangkan industri perbengkelan di wilayah Cilacap. Selanjutnya, program serupa akan dibuat di wilayah pabrik PT Pertamina Lubricants di wilayah Gresik dan Tanjung Priok. (rls/NM)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here