Michelin Bawa Ban Khusus Menghadapi Sirkuit Phillips Island

1
Sistem Wireless Untuk Identifikasi Ban MotoGP 2017
Michelin terpkan sistem wireless untuk data ban untuk MotoGP 2017. Foto: michelin

NaikMotor – Menghadapi putaran 16 MotoGP World Championship 2016 yang akan berlangsung di Phillips Island, Australia, (23/10/2016), suplier ban Michelin telah menyiapkan ban baru.

Michelin telah membuat satu model ban dengan racikan kompon yang benar-benar baru, dan dua model model ban belakang baru untuk memenuhi kondisi unik sirkuit MotoGP Australia itu.

Ban dengan kompon baru itu telah disesuaikan dengan konfigurasi dan aspal sirkuit. Ban depan slick akan ditawarkan dalam kompon soft, medium dan hard, dengan konstruksi asimetris dan dengan sisi kiri yang lebih keras untuk menaklukan tikungan panjang dan cepat.

Untuk menyesuaikan dengan ban depan slick, dua model ban belakang yang baru ditawarkan dalam kompon medium dan hard. Dengan konstruksi asimetris dan bahu kiri diperkeras.

Piero Taramasso, Manager of Michelin’s Two-Wheel Motorsport Group, menyebutkan, “Sebenarnya kami tak memiliki data kondisi sirkuit dalam 7 tahun terakhir, tetapi hasil uji pada awal tahun di Sirkuit Austrlia ini sudah cukup positif, kecuali masalah hujan. Selain itu, kami mendapatkan data masukan dari semua pembalap dan tim.

Kami yakin, hasilnya akan semakin baik dengan kompon baru, sehingga boleh kami spnyatakan, ban khusus Phillips Island tak bisa digunakan di tempat lain.  Sebab, treknya sangat abrasif, sehingga harus ada ban yang tahan, terutama pada tikungan cepat, sehingga kami buatkan konstruksi asimetris agar daya cengkram optimal.”

Selain itu, Michelin menyediakan pula 3 model ban basah, baik untuk ban depan maupun ban belakang, dan juga intermediate. (Afid/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY