Lizawaty: Motoris Wanita Pemberani dari Ipoh

0

Lizawaty-KSR

Ipoh (naikmotor) – Menggunakan Kawasaki KSR 110, Lizawaty kerap melakukan solo touring menjelajah Malaysia setiap akhir pekan hingga ke Thailand. Dalam dua hari, dia bisa menempuh jarak 1000 km.

Seminggu ada tujuh hari, Senin sampai Jumat mencari rejeki, Sabtu – Ahad waktunya enjoy. Begitu ungkapan Lizawaty soal hobi touringnya di atas KSR bermodif KTM Duke tersebut.

“ Saya mencari kepuasan dan ketenangan sambil menikmati perjalananan. Dengan riding saya belajar untuk mencapai kesuksesan itu butuh pengorbanan dan usaha,” tukas gadis yang tinggal di Ipoh tersebut.

Lizawaty yang bekerja di sebuah asuransi di dealer Honda tersebut memang terlahir sebagai gadis yang pemberani di antara 6 saudara laki-laki di keluarganya. Hanya dia yang doyan bepergian seorang diri hingga harus berbohong saat pertama riding ke Kuala Lumpur

“Namun akhirnya mereka mengerti bidang saya di permotoran ini, dan saya pun sekarang selalu memberitahu mereka setiap saya berhenti melakukan ride,” jelas Liza yang tergabung di Queen of Mini Bikers.

KSR yang sudah dimodifikasi mesinnya tersebut setia menemani Liza melakukan perjalanan sendiri. 6-7 Februari lalu, dia mengitari selatan Malaysia dari Ipoh- Kuala Lumpur- Negeri Sembilan – Melaka – Johor yang memiliki jarak tempuh 1013 km selama dua hari satu malam.

”Tidak ada motor yang secomel KSR, handling mudah dan perawatannya tidak mahal. Dengan demikian, saya bisa pergi ke mana saja,” tambahnya.

Seminggu kemudian, 14-15 Februari, Liza solo ride ke Pantai Timur jelajah 4 Negeri, Ipoh-Kuala Lumpur-Pahang Trengganu yang berjarak 1000 km. Sebelumnya, 10 Februari, Liza melakukan one day ride solo dari Ipoh- Bentong Thailand-Ipoh yang berjarak 409 km.

“Pokoknya setiap weekend saya ride ke Kuala Lumpur. Dari Ipoh ke Thailand saya sudah 20 kali tapi kalau ke Phuket baru sekali saja karena jauh bersama teman-teman cowok bikers,” sebutnya.

Pemilik motor berplat AHM4050 yang disebut nya memiliki arti Asal Hati Mau Go Ride, memang wanita tangguh dan pemberani. Seorang wanita naik motor jarak jauh ratusan hingga seribu kilometer membutuhkan tingkat kematangan emosional dan mental yang tinggi.

Suka dukanya perjalanan itulah yang dinikmati Liza, bagaimana dia harus menangani sendiri saat mengalami masalah seperti rantai lepas, motor susah menyala karena timing berubah, karburator masuk air, semuanya bisa diatasi. Liza mengaku banyak belajar untuk bisa menyelesaikan sendiri permasalahannya.

Akhir pekan lalu, dia mengajak empat karibnya di Queen of Mini Bikers melakukan touring ke Hatyai Thailand. Salut! (Arif/nm) Foto: Dok. Pribadi

LEAVE A REPLY