DAM Resmikan Empat Sekolah Tempat Uji Kompetensi KTSM Honda

1
DAM Resmikan Empat Sekolah Tempat Uji Kompetensi KTSM Honda
PT Day Adicipta Motora meresmikan empat sekolah rujukan Tempat Uji Kompetensi (TUK) KTSM Honda. Foto: DAM

NaikMotor – Empat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Barat, diresmikan PT Daya Adicipta Motora bersama PT Astra Honda Motor (AHM), sebagai sekolah rujukan Tempat Uji Kompetensi  (TUK), Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda.

Empat sekolah tersebut, yakni SMK Bina Mandiri Bekasi, SMK Mitra Industri MM2100 Bekasi, SMK Karnas Kuningan, dan SMK Samudra Nusantara Cirebon, telah memenuhi standar untuk dijadikan penyelenggara uji kompetensi untuk siswa TSM Honda.

Adapun indikator yang dijadikan acuan memilih sekolah-sekolah tersebut adalah kelayakan fasilitas dan kelengkapan alat praktik termasuk standarisasi guru.

“Sebelum terpilih untuk menjadi tempat uji kompetensi, sekolah-sekolah ini telah melewati proses audit. Kami lakukan penilaian kelayakan fisik (gedung sekolah), kelengkapan unit praktek, dan special tools,” papar Manager Technical Training DAM, Yudi Heriyadi saat acara peresmian, Rabu (29/9/2016).

Sekolah yang dijadikan TUK, akan menerima peserta uji kompetensi dari sekolah-sekolah terdekat di wilayahnya. “Untuk saat ini kami belum memastikan ada berapa sekolah yang melakukan uji kompetensi di sekolah rujukan TUK, tapi kami usahakan tidak terlalu banyak peserta agar efektif. Setidaknya wilayah ring 1 (jangkauan terdekat) yang dilayani,” ujar Yudi.

Uji kompetensi menjadi salah satu syarat kelulusan buat siswa TSM, hal itu dilakukan untuk memastikan lulusan memiliki keterampilan memadai untuk bersaing di dunia kerja atau usaha.

“Uji kompetensi dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang lulus dari SMK. Setiap TUK minimal memiliki enam guru yang sudah melakukan sertifikasi, dua guru untuk mengawasi praktek mesin, dua untuk kelistrikan, dan dua lagi untuk troubleshooting. Siswa TSM Honda yang lulus standar uji kompetensi punya peluang besar untuk bekerja di AHASS (Astra Honda Authorized Service Station), atau jika ingin membuka usaha, bisa menjadi bengkel mitra AHASS,” jelas Senior Manager Technical Training AHM.

Selain empat sekolah yang telah diresmikan, DAM akan menambah empat sekolah rujukan, pada akhir tahun ini. sementara itu, saat ini sudah ada 37 sekolah TUK di seluruh Indonesia. (Yudistira/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here