Jangan Lupa Mengganti Oli Transmisi Skutik Anda, Ini caranya

0
oli transmisi skutik
Bagaimana sebaiknya mengganti oli transmisi skutik Anda? Berikut tipsnya. Foto: Afid

NaikMotor – Penggantian oli transmisi skutik biasanya sudah dalam kemasan sekali tuang, sehingga tinggal pakai saja. Bagaimana caranya?

Skuter matik yang kian populer bahkan telah menggeser underbone atau bebek memang berbeda sistem pelumasannya dengan sepeda motor model lainnya.

Oli mesinnya pun berbeda, jika umumnya sepeda motor jenis roadster/sportbike dan underbone memerlukan oli dengan spesifikasi JASO MA untuk kopling yang terendam pelumas. Skuter matik memerlukan pelumas berspesifikasi JASO MB untuk mesin dengan gaya gesek rendah. Ada dua macam pelumas yang diperlukan skuter matik, oli mesin dan tranmsisi.

Pada skuter matik popular dengan kapasitas mesin 115-125 cc, oli transmisi dikenal sebagai transmission gear oil (AT). Oli transmisi tersebut berada di bak final gear atau di belakang boks CVT, kapasitasnya sekitar 100 cc saja.

Tetapi umumnya karena usia pakainya lebih panjang daripada oli mesin yang harus diganti tiap 2 bulan atau 2.000 km sekali, pergantiannya sering terlewatkan. Padahal oli transmisi turut bekerja keras karena melumasi komponen beban berat, penerus daya CVT ke roda.

Umumnya pergantian oli transmisi disyaratkan setiap 8 bulan atau 8.000 km sekali. Dan pergantiannya cukup mudah seperti melakukan pergantian oli mesin. Oli tranmsisi untuk skuter matik populer biasanya sudah dalam kemasan sekali tuang, sehingga tinggal pakai saja,.

Untuk mengganti oli transmisi posisikan sepeda motor dengan standar samping. Ada dua baut ukuran 12mm yang posisi salah satunya sedikit di atas yang lainnya, jangan keliru dengan baut cover CVT yang berukuran 10 mm. Longgarkan terlebih dahulu baut atas, siapkan penampung oli bekas barulah buka baut bawah untuk menguras oli tranmsisi lama. Biarkan hingga tiris, jika perlu biarkan semalaman.

Sebelum menutup rapat kembali baut bawah, periksa apakah o ring metalnya apakah masih bisa digunakan. Biasanya o ring atau gasket berbahan aluminium baut itu hanya bisa untuk sekali pakai, tetapi jangan khawatir harganya cukup murah sekitar Rp 2.500 saja per buahnya. Dan tuang oli transmisi baru sesuai petunjuk buku manual. Terakhir, tutup baut tuang. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*