Bastianini Tekuk Pembalap Tuan Rumah di QTT Moto3 Aragon

0
Bastianini
Enea Bastianini meraih pole position di kualifikasi Moto3 Aragon. Foto: Dorna MotoGP

NaikMotor – Enea Bastianini memang tak sedominan Brad Binder saat balapan berlangsung. Tapi di sesi kualifikasi, Ia terkadang mampu menunjukkan talenta terbaiknya. Kali ini Ia bahkan digdaya di depan semua penonton Spanyol di sesi kualifikasi Moto3 Motorland Aragon, Spanyol pada Sabtu (21/9/2016).

Pembalap asal Italia itu mengamankan lap tercepat 1:58.293 dan membuat Jorge Navarro harus gigit jari. Pasalnya di sesi kualifikasi ini cukup penting untuk melihat seberapa besar performa terbaiknya, agar di sesi balapan bersok bisa tampil lebih baik lagi. Namun Navarro tak sepatutnya bersedih, lantaran selisihnya dari Bastiannini hanya terpaut 0,1 detik. Artinya peluangnya meraih hasil terbaik di depan pendukung sendiri cukup besar.

Tak berbeda dengan isu yang terjadi di MotoGP, untuk kelas Moto3, isu penggunaan ban juga akan terasa sulit, apalagi jika seorang pembalap terbiasa tampil agresif. Beruntung tenaga motor Moto3 yang tak sebesar MotoGP, membuat para pembalap bisa sedikit bernafas lega. Mereka tinggal harus lebih bersabar untuk tak menekan lebih awal. Mengingat panjangnya lap, membuat ekstra perhatian pada grip ban.

Pembalap pemenang Moto3 Indianapolis 2015 lalu yaitu Livio Loi, kali ini kembali tampil kompetitif. Ia juga akhir-akhir ini tampil menggeliat di barisan depan. Namun sepertinya Ia adalah tipe pembalap yang bisa tampil kompetitif jika kondisi temperatur lintasan berada di bawah normal atau berada di atas normal.

Kejutan kecil justru diberikan oleh pembalap asal Argentina yaitu Gabriel Rodrigo. Ia justru mampu mengawal tiga pembalap terdepan di urutna keempat. Artinya Ia akan berada di lini kedua persis di belakang pembalap yang meraih posisi pole. Start di zona racing line, juga membuatnya akan lebih mudah menusuk ke barisan terdepan. (Spy/NM)

Hasil kualifikasi Moto3 Aragon:
1. Enea Bastianini ITA Gresini Racing Moto3 (Honda) 1m 58.293s
2. Jorge Navarro SPA Estrella Galicia 0,0 (Honda) 1m 58.506s
3. Livio Loi BEL RW Racing GP BV (Honda) 1m 58.521s
4. Gabriel Rodrigo ARG RBA Racing Team (KTM) 1m 58.592s
5. Aron Canet SPA Estrella Galicia 0,0 (Honda) 1m 58.758s
6. Philipp Oettl GER Schedl GP Racing (KTM) 1m 58.787s
7. Brad Binder RSA Red Bull KTM Ajo (KTM) 1m 58.841s
8. Fabio Quartararo FRA Leopard Racing (KTM) 1m 58.929s
9. Hiroki Ono JPN Honda Team Asia (Honda) 1m 58.943s
10. Bo Bendsneyder NED Red Bull KTM Ajo (KTM) 1m 58.978s

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here