Anvil Rusty Quattroemmezzo, Ketika Karat Membandel

0
15
Anvil Rusty Quattroemmezzo
Anvil Rusty Quattroemmezzo berbasis Honda CB450 Twin 1969. Foto: Motoblog

NaikMotor – Ini bukan kustomisasi yang membiarkan sepeda motor berkarat (rusty), tetapi karena tim pembuat Quattrommezzo Anvil hampir tak mampu menghilangkan karat model bahannya. Sehingga kustom untuk model oval tracker enduro diberi nama Anvil Rusty.

Builder Anvil Motorcycles mencoba membangkitkan kejayaan sepeda motor Honda CB450 Twin, yang pada 1970 mematahkan dominasi produk Inggris waktu itu yang berkapasitas lebih besar. CB450 Twin produk 1969 itu seringkali mengalahkan pesaingnya seperti BSA dan Triumph di trek light offroad di daerah bergurun California, Amerika Serikat.

anvi_-rusty_quattroemmezzo_1Anvil melakukan rebuilt mesin, termasuk mengubah crankcase agar bisa memuat pompa oli kapasitas lebih besar, agar pendinginan lebih optimal meski tengah berlaga di putaran tinggi saat enduro. Karburator asli produk Keihin telah digantikan produk Dellorto, dan airbox diisi dengan dua filter udara datar. Sedangkan stang menggunakan model untuk flat track, dan grip gas spontan, serta bagian depannya diubah seperti gaya Steve McQueen.

Ubahan lainnya, fender di bawah rangka dan joknya meniru BSA Victor, gir 60 gigi, direct discharge, shockabsorber produk Bitubo. Sementara tangki dibiarkan tetap dalam gaya 11970-an dan ditorehkan nama Rusty, sebagai pengingat upaya tim yang hampir gagal menghilangkan karat. (Afid/nm)

anvi_-rusty_quattroemmezzo_2

LEAVE A REPLY

*