Tips Mengganti Kampas Rem Sendiri

0
tips mengganti kampas rem sendiri

tips mengganti kampas rem sendiri
Berikut tips mengganti kampas rem sendiri. Foto: Afid

NaikMotor – Jangan menunggu celaka, ganti kampas rem atau brake pad bila ketebalannya semakin berkurang. berikut tips mengganti kampas rem sendiri.

Ada patokan sederhana untuk memastikan apakah brake pad harus sudah diganti. Tetapi syaratnya, sering-seringlah memperhatikan ketebalannya sebelum berkendara. Ganti brake pad jika tebalnya 1mm , jangan menunggu lebih tipis lagi, sebab nanti bisa-bisa hanya backing plate metal ketemu dengan metal cakram.

Berbahaya, karena rem tidak bekerja, berisik, dan cakram tergerus. Selain itu, pengecekan bisa melalui reservoir master rem atas, jika cairan rem tampak rendah bisa saja artinya brake pad sudah tipis.

Mengganti kampas rem sendiri sebenarnya cukup mudah, hanya saja terkadang terkendala peralatan , sebab tak sedikit sistem rem perlu kunci-kunci khusus yang tak tersedia di tool kit standar.

tips mengganti kampas rem sendiri

  1. Dengan kaliper masih berada di tempatnya, lepas baut pengikat pad yang biasanya berukuran lebih kecil. Barulah lepas baut pengikat kaliper pada garpu depan. Ingatlah posisi masing-masing komponen seperti saat sebelum dibongkar, baik baut, pad bagian luar dan dalam serta pegas atau spacer-nya. Baut pengikat kaliper umumnya bisa berbeda pada produk motor, ada yang baut biasa berbentuk segi enam, ada yang perlu dilepas dengan kunci L, bahkan ada yang perlu kunci bintangatau torx seperti pada Harley-Davidson.
  2. Setelah terlepas, bersihkan kaliper dan piston, bersihkan dengan sikat gigi dan air shampoo. Biarkan kering karena tiris. Dan periksa apakah piston berkarat, seal-nya sudah getas, uji dengan cara menekan piston dengan obeng sebagai penjungkit, jika sangat keras, boleh jadi seal berbahan karet itu sudah harus diganti . Tetapi untuk itu serahkan kepada mekanik nanti usai memasang brake pad baru, karena pasti perlu bleeding (menguras dan mengganti cairan rem).
  3. Pasang brake pad baru, dorong kedua pad dengan obeng besar untuk membuat celah agar mudah menginstalasi ulang. Pasang kembali kaliper pada garpu depan dengan urutan terbalik dari pada saat membongkarnya.
  4. Tekan tuas rem hingga benar-benar tak bisa di tekan lagi. Lepaskan tekanan pada tuas rem, biarkan sesaat dan putar roda depan agar ada celah bebas antara cakram dan brake pad baru.
  5. Perhatikan ketinggian cairan rem, jika sudah minim tambah dengan cairan rem berspesifikasi sama dengan rekomendasi pabrik.
  6. Ingat, brake pad baru belum akan menggigit dengan optimal, perlu beberapa waktu hingga permukaan brake pad dan cakram bersesuaian. (Afid/nm)
  7. Tips_Brake_pad

LEAVE A REPLY

*