BMW R90S, Cikal Bakal Superbike BMW

0
BMW R90S

BMW R90S
BMW R90S menjadi salah satu motor terkencang di jamannya sekaligus cikal bakal keluarnya Superbike BMW Motorrad. Foto: Dok.BMW

NaikMotor – Saat lap kehormatan di Isle of Man TT 2016 lalu, BMW Motorrad menampilkan sportbike BMW R90S, yang memenangkan kelas 1.000 cc pada 1976.

BMW R90S dikendarai oleh pembalap Helmut Dahne seperti saat 40 tahun yang lalu, saat ini Helmut sendiri telah berusia 71 tahun.

BMW Motorrad perlu memperingatinya, sebab, saat itulah untuk pertama kalinya mereka memenangkan balapan jalan raya tertua dan paling berbahaya di dunia itu pada 1976.

Selain itu, BMW R90S yang  diproduksi sejak 1973 yang ditunggangi Helmut, menjadi produk pertama dengan genre superbike bagi BMW. Meski untuk itu, Helmut sendiri yang juga seorang mekanik, sedikit mengubah R90S.

Sportbike standar itu kemudian dihadirkan dengan fairing minimal, pijakan kaki dimundurkan, jok pendek dan mesin boxer dengan daya yang ditingkatkan menjadi 76 daya kuda (model standar 67 daya kuda), sehingga kecepatan tertinggi bisa mencapai 200 km/jam saat itu.

BMW R90S

Masih dengan campur tangan dan berbekal pengalamannya, R90S dibuat lebih ringan 30 kg daripada versi jalan raya. Selain penggunaan pegas lebih empuk, dan juga mesin yang sedikit dimodifikasi. Tak lupa penampilan dengan gaya elegan Helmut sendiri, baju balap merah dengan garis-garis putih yang mencolok yang menjadi brand.

Meski sempat mengalami kesulitan teknis, ketika rekan setim yang baru direkrut Otto Butenuth mencobanya dalam latihan. Ketika itu, intake manifold meleset ke kanan karena melonggar. Dan berhasil dipecahkan dengan mengelem kedua komponen dan kemudian diganti dengan braket mounting karburator fleksibel. Dan Helmut serta Otto akhirnya memenangkan kejuaraan saat itu di kelas 1.000 cc produksi.

BMW_R_90_S_02pop

Setelah itu, baru pada 1997, 1998 dan 1999, BMW kembali merasakan podium, setelah pembalap asal Inggris Dave Morris memenangkan tiga kali berturut-turut di TT. Dave mengendarai sepeda motor yang dikembangkan oleh Chrysalis Team Racing dan didukung oleh mesin satu silinder dari BMW F650.

Fitur unik standar yang ditempatkan di boks waterproof di bawah jok berisi toolkit lengkap, pompa tangan, kotak P3K, dan handuk kecil berlogo BMW. Dan master rem yang ditempatkan di atas rangka, dan diaktifkan via kabel dari tuas, untuk alasan keamanan jika terjatuh. (Afid/nm)

BMW_R_90_S_01pop

Spesifikasi BMW R90S, 1973-1976
Mesin boxer OHV, dua katup per silinder berpendinginan udara
Kapasitas 898 cc
Rasio kompresi 9,5:1, model jalan raya ‘/6’ 9:1
Tenaga 67 daya kuda
Torsi
Transmisi 5 percepatan manual
Penggerak akhir kopel
Kecepatan maksimum 200 km/jam
Akselerasi 0-100 km/jam dalam 4,8 detik
Berat 215 kg

Fitur: fairing mini dengan panel instrumen analog menampilkan kecepatan, takometer, jam dan voltmeter. Steering damper hidrolik adjustable manual via tombol, Suspensi long travel di bagian depan teleskopik, suspensi belakang twin dengan preload damper adjustable. Karburator Bing, dengan pompa akselerator Dell’Orto,
Rem depan cakram ganda 230 mm, kaliper ATE, belakang tromol 200 mm SLS.

LEAVE A REPLY