Juara MotoGP Silverstone, Vinales Nyalakan Nyali Suzuki

3
Juara MotoGP Silverstone
Juara MotoGP Silverstone
Maverick Vinales mencetak sejarah dengan menjuarai seri MotoGP Silverstone 2016. Foto: Crash Media

NaikMotor – Maverick Vinales akhirnya mewujudkan impiannya meraih kemenangan di kelas tertinggi balap motor dunia dengan menjadi juara MotoGP di Sirkuit Silverstone, Inggris.

Kemenangan ini adalah yang pertama kali diraih Suzuki sejak terakhir kali meraih kemenangan bersama Chris Vermeulen di MotoGP Le Mans 2007 silam.

Bagi Vinales kemenangan ini menjadi sangat membanggakan karena jadi yang pertama baginya sejak berlaga di kelas MotoGP. Apalagi tahun depan Ia takkan memperkuat tim ini lagi di 2017. Catatan lainnya, Vinales melengkapi kariernya memenangi balapan di Silverstone dari mulai kelas Moto3, Moto2 dan sekarang di MotoGP.

“Sebelum balapan di Silverstone, saya tahu kami bisa meraih kemenangan di sini. Makanya saya sudah bilang bahwa di sesi latihan Jumat, kami sudah jadi pemenang. Hari ini ternyata kemenangan itu datang juga dan ini jadi impianku sejak lama. Terimakasih pada Suzuki yang memberikan paket terbaik, mudah-mudahan kami bisa mempertahankan kemenangan ini,” girang Vinales.

Kemenangan Vinales memang tak bisa diganggu gugat. Lantaran Ia memimpin dengan selisih yang sangat jauh di depan. Yang menarik justru pertarungan meraih posisi finis kedua. Cal Crutchlow, Valentino Rossi, Andrea Iannone, Marc Marquez dan Dani Pedrosa bertarung ketat di sana. Namun Crutchlow dengan trik pintarnya sukses mengamankan posisi kedua di kandang sendiri.

Sementara Marquez yang di dua lap terakhir berupaya menyusul Crutchlow, malah merugi sendiri. Ia melebar dan membuat celah yang cukup besar. Rossi yang berada di belakangnya pun langsung memanfaatkan posisi tersebut dan mengamankan podium ketiga di laga kali ini. Sedangkan Andrea Iannone yang berharap bisa mendulang kemenangan dan mengejar ketertinggalannya, tak mampu berbuat banyak karena terjatuh di pertengahan balapan.

Sekadar informasi saja, seri kali ini ada pemotongan jumlah lap lantaran insiden di lap pertama yang terjadi di multi-chicane antara Loris Baz dan Pol Espargaro. Balapan pun langsung dihentikan karena banyaknya puing berserakan di dalam lintasan. Baz yang sempat pingsan, dinyatakan baik-baik saja, sementara Espargaro dikabarkan mengalami cedera ringan. (Spy/NM)

Hasil MotoGP Silverstone:
1.    Maverick Viñales    ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 39m 3.559s
2.    Cal Crutchlow    GBR LCR Honda (RC213V) 39m 7.039s
3.    Valentino Rossi    ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 39m 7.622s
4.    Marc Marquez    ESP Repsol Honda Team (RC213V) 39m 9.551s
5.    Dani Pedrosa    ESP Repsol Honda Team (RC213V) 39m 9.940s
6.    Andrea Dovizioso    ITA Ducati Team (Desmosedici GP) 39m 15.862s
7.    Aleix Espargaro    ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 39m 20.231s
8.    Jorge Lorenzo    ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 39m 22.991s
9.    Danilo Petrucci    ITA Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) 39m 29.177s
10.    Alvaro Bautista    ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 39m 35.643s

 

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here