Petaka di 2 Lap Terakhir Moto2 Silverstone, Lowes Apes

2
moot2 Silverstone
moto2 Silverstone
Sam Lowes harus mengubur impiannya untuk meraih podium kandang akibat insiden dengan Zarco. Foto: Crash Twitter

NaikMotor – Tak kalah ketat dengan jalannya balapan di Moto3, kelas Moto2 Silverstone juga diwarnai drama kecelakaan pembalap. Sialnya, pembalap yang kena imbas buruknya adalah Sam Lowes.

Pembalap tim Federal Oil Gresini Racing itu harus terhempas di sirkuit 2 lap menjelang balapan berakhir. Ini terjadi karena Ia bersenggolan dengan Johann Zarco yang mengambil jalur sebelah dalam. Hal ini pun dianggap sebagai insiden yang merugikan pembalap lain.

Lantaran di tikungan tersebut sisi blindspot pembalap lebih besar, karena bisa dibilang karakter tikungan adalah chicane. Sehingga pembalap yang berada di urutan depan takkan memperhatikan pembalap di belakangnya.

Hal ini membuat Lowes tetap mengambil jalur racing karena tak tahu posisi Zarco yang sudah tepat berada di sampingnya. Lowes pun harus terjatuh, sementara Zarco bisa bertahan kendati juga sempat keluar dari trek untuk menghindari kemungkinan terjatuh. Hingga akhirnya Lowes pulang tanpa poin.

Karena insiden ini, Zarco pun dijatuhi hukuman denda penalti waktu 30 detik dari posisi finis-nya usai balapan. Alhasil Ia finis di luar posisi poin yaitu 22, tepat di belakang Sam Lowes yang berhasil bangkit lagi. “Karena melakukan manuver yang tidak bertanggung jawab dan merugikan pembalap lain, Zarco dihukum 30 detik,” bunyi regulasi yang dikeluarkan usai balapan Moto2 berlangsung.

Sementara pembalap yang berhasil memenangi balapan ini adalah Thomas Luthi. Pembalap asal Swiss itu memang sudah memimpin di setengah balapan kedua.  Kendati persaingannya cukup ketat, tapi Ia memetik keuntungan dari insiden yang terjadi pada Lowes dan Zarco.

Sedangkan pembalap yang finis di urutan kedua adalah Marco Morbidelli dan disusul oleh Takaaki Nakagami, yang sebelumnya sempat saling susul dengan pembalap asal Italia itu. (Spy/NM)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY