Michelin Siapkan Ban Antisipasi Cuaca Silverstone

0
Michelin siapkan ban antisipasi cuaca silverstone
Michelin siapkan ban antisipasi cuaca silverstone
Michelin mengantisipasi perubahan cuaca di Silverstone. Foto:Michelin

NaikMotor – Menghadapi MotoGP 2016 seri ke-12 di sikuit Silverstone, Inggris (/9/2016) Michelin siapkan ban antisipasi cuaca Silverstone yang protagonist tersebut.

Pasalnya, sirkuit bekas pangkalan udara militer tersebut memiliki trek terpanjang 5.902 m, dan cuaca yang berubah-ubah sulit diprediksi sebagai tantangan terbesarnya. Saat latihan bisa saja trek basah, tetapi saat balapan kering, bahkan kondisi perubahan cuaca bisa terjadi saat balapan, sehingga bike swap bisa terjadi (flag-to-flag).

Sebelumnya Michelin telah mempersiapkan tiga macam ban berbeda kompon: lunak, medium dan keras, yang ditandai dengan warna berbeda.

Ban depan dan belakang pun telah diset berbeda karakter. Ban Belakang didesain tahan terhadap perubahan arah yang cepat di Sirkuit Silverstone , yang memiliki tikungan kanan sebanyak 10, dan kiri 8. Sementara ban depan mesti tahan terhadap beban berat akibat deselerasi menjelang tikungan.

Aspal Silverstone cenderung tidak terlalu abrasif, sehingga memungkin penggunaan soft compound sepanjang balapan, tetapi akan sangat tergantung suhu, sebab menentukan kecepatan naiknya suhu ban yang mempengaruhi ketahanannya.

Jika kondisi hujan, cuaca yang dikhawatirkan oleh Valentino Rossi sekalipun , Michelin menyiapkan ban lunak (strip biru) dan keras, serta intermediate (strip perak). (Afid/nm)

LEAVE A REPLY