Ohlins New TTX Flow, Suspensi Dirtbike Edisi 40 Tahun

0
New TTX Flow
Ohlins New TTX Flow
Ohlins New TTX Flow, suspensi dirtbike yang dirilis Ohlins di ulang tahunnya ke-40. Foto:Ohlins

NaikMotor – Merayakan ulang tahun ke-40, pabrikan suspensi premium dari Swedia, Ohlins menawarkan suspensi dirtbike berteknologi tinggi, New  TTX Flow.

Produk suspensi untuk sepeda motor model motocross tersebut disebutkan paling responsif, sehingga mampu memberikan kenyamanan lebih baik saat ber-offroad. Tetapi teknologi yang diterapkan pada TTX Flow tersebut bisa diterapkan pada model sepeda motor lainnya, bahkan untuk model roadster.

Secara sederhana bisa digambarkan, shockabsorber motocross harus bekerja pada kondisi yang kompleks, dan berkelanjutan saat meredam berbagai besaran daya di jalur offroad. Padahal di sisi lain, shockabsorber harus mampu menyeimbangkan sepeda motornya. Perlu segera ‘melupakan’ setiap momentum tadi secepat mungkin, sekitar 100 aksi per detik. Seperti saat pengendara melalui gundukan besar, juga melindas jalur tak rata di saat bersamaan.

Ohlins_TTX_flow_MX_4

Sehingga teknologi yang dimiliki sebelumnya, TTX twin-tube ditingkatkan dengan sistem chek-valve baru untuk mengimbangi bukaan katup lebar dan beraksi buka tutup secara cepat untuk menangani aliran besar oli.

Perlu spool baru sistem katup yang berkebalikan dengan tipe katup shim konvensional. Singkatnya, sistem sudah didesain ulang untuk menangani berbagai daya dan ‘melupakannya’ secepat mungkin, pulih dengan segera dan menjaga kestabilan sepeda motor. Seperti yang dinyatakan oleh Erik Hansson, R&D Engineer (MX Department) Ohlins.

Sistem baru akan meng-cancel semua getaran kecil dan menjaga sasis tetap stabil untuk lompatan besar. Sehingga saat akselerasi untuk bersiap melompat getaran pada bagian belakang telah diserap, di saat bersamaan ban belakangpun tak akan menungging

Sementara secara struktur, selain desain yang tampak lebih simpel, aliran oli pada shockabsorber bisa diatur dengan mudah oleh pengendara atau mekanik. Hal berbeda dibandingkan produk sebelumnya yang berkesan kompleks. Padahal produk lebih baik soal performa dan fungsinya.

Ohlins mengklaim, untuk mengembangkan teknologi baru itu pabrikan telah menghabiskan waktu dua tahun untuk mengujinya di arena MX GP.

Shockabsorber baru itu, telah tersedia untuk motocross dan sepeda motor enduro, dan tersedia dengan per berbagai ukuran untuk disesuaikan dengan bobot pengendara.(Afid/nm)

Ohlins_TTX_flow_MX_2

LEAVE A REPLY