Suzuki Sabet Gelar Juara FIM World Endurance Championship 2016

0
FIM World Endurance CHampionship 2016
FIM World Endurance CHampionship 2016
Suzuki Endurance Racing Team menjadi juara FIM WEC 2016. Foto: Suzuki

Naikmotor – Kombinasi tiga pembalap, Vincent Phillipe, Anthony Delhalle, dan Etienne Masson berhasil membawa Suzuki Endurance Racing Team (SERT), meraih gelar juara di FIM World Endurance Championship (WEC) 2016.

SERT menyelesaikan 309 lap di Sirkuit Oschersleben, Jerman di posisi kedua, hanya terpaut 21 detik dari catatan waktu tim GMT94 Yamaha yang menjadi finis di depan.

Persaingan menuju gelar juara terjadi cukup sengit, sebab selisih poin empat tim di posisi teratas klasemen sangat tipis. SERT menghuni posisi empat klasemen saat datang ke Oschersleben, terpaut sembilan poin dari April Motor Motors Event yang menduduki posisi pertama, dan hanya berselisih satu poin dari SRC Kawasaki dan Yamaha Austria Racing Team (YART).

Sejak latihan dan kualifikasi, SERT selalu menjadi yang tercepat. Sementara itu, April Motors yang juga mengandalkan Suzuki GSX-RR mengalami beberapa masalah, dan salah satu pembalapnya sempat cedera saat sesi kualifikasi.

 Di awal balapan yang berlangsung di bawah cuaca yang panas, Dominique Meliand mengambil posisi terdepan, kemudian pembalap tim April Motors yang juga menggeber Suzuki GSX-RR, Gregg Black menyalip Phillipe dan posisi tersebut bertahan di lap-lap awal.

Sayangnya, baru 15 menit balapan berjalan, Black harus kehilangan posisi di baris depan akibat terperosok keluar lintasan. Namun, ia memperlihatkan penampilan heroik, dengan menahan motornya dan kembali ke lintasan, meski pijakan kaki kanan motornya sudah lepas.

Drama untuk menuju gelar juara semakin seru, setelah beberapa tim harus menghentikan langkahnya lebih awal, dan menyisakan YART, April Motors, GMT94, dan SERT sebagai petarung yang tersisa. Sempat melakukan jeda selama 39,2 menit, akhirnya SERT menyelesaikan balapan berdurasi 8 jam tersebut di posisi dua, sekaligus menjadi juara berkat keunggulan satu poin dari GMT94. 4

April Motors melengkapi kegemilangan Suzuki di EWC, meski sempat mengalami beberapa masalah, mereka menyelesaikan balapan di posisi 10, dengan total 299 lap. koleksi 78 poin membuat April Motors berhak untuk posisi tiga klasemen akhir. (yudistira/nm)

Hasil Endurance World Championship Oschersleben 8-Hours : 

  1. GMT94 Yamaha (Yamaha) 309 laps
  2. Suzuki Endurance Racing Team (Suzuki GSX-R1000) 309
  3. cm (BMW) 306
  4. Honda Endurance Racing (Honda) 304
  5. MACO Racing Team (Yamaha) 303
  6. Team 3ART Yam’Avenue (Yamaha) 302
  7. Lukoil BMW Motorrad (BMW) 302
  8. Starteam PAM-Racing (Suzuki) 301
  9. Tati Team Beaujolais Racing (Kawasaki) 300
  10. Team April Moto Motors Events (Suzuki GSX-R1000) 299

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here