Kembaran Kawasaki ER-6n Buatan Taiwan Dipatenkan

0
kembaran Kawasaki ER-6n
kembaran Kawasaki ER-6n
Paten Kymco berbasis Kawasaki ER-6n beredar di Eropa. Foto: Istimewa

NaikMotor – Dari badan paten Uni Eropa diketahui model berbasis kembaran Kawasaki ER-6n dan Ninja 650 tengah didaftarkan oleh pabrikan Taiwan, Kymco.

Tapi jangan berpersepsi kalau Kymco telah melakukan penjiplakan atas kembaran Kawasaki ER-6n, sebab sudah lama sebenarnya antara kedua pabrikan, Kawasaki dan Kymco bekerja sama dalam merancang produk. Beberapa model Kawasaki ATV Brute Force 300, scooter J300, J125 semuanya berbasis produk Kymco.

Jadi tampaknya untuk model roadster menengah Kymco, gantian memakai desain Kawasaki. Tetapi Kymco tidak sepenuhnya mengambil desain Kawasaki ER-6n, hanya mesin, swingarm dan shockabsorber belakang monoshock model offset laydown milik ER-6n yang serupa. Sementara bodywork dan rangka serta suspensi depannya berbeda.

kembaran kawasaki er-6n

Rangka Roadster 650 cc Kymco berstruktur trellis, sementara ER-6n bermodel twin tube. Dan suspensi depan Kymco tampaknya lebih sporti dengan garpu upside down daripada ER-6n yang bermodel teleskopik. Sedangkan desain bodi Kymco akan lebih angular daripada ER-6n yang tajam, dan berkesan lebih mendongak pada bagian depannya, daripada ER-6n yang menunduk.

Kymco selama ini memang terkenal sebagai pabrikan untuk model-model berkapasitas 250 cc ke bawah. Jadi model 650 cc-nya akan membuka jalan bagi pabrikan Taiwan itu untuk menawarkan model kapasitas menengah. (Afid/nm)

Kymco_ER6n

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here