Lorenzo Wanti Timnya, Seamless Gearbox Yamaha Belum Oke!

0
6

Lorenzo-Seamless-3

Spanyol (naikmotor) – Full seamless transmission yang tahun ini baru dikembangkan tim Yamaha di MotoGP, menjadi harapan besar bagi Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

Bukan hanya karena mereka ada harapan untuk memangkas selisih waktu dari Honda RC213V, namun juga untuk memberikan stabilitas terbaik saat deselerasi.

Seperti kita ketahui sebelumnya, Yamaha hanya punya seamless gearbox alias transmisi tanpa jeda yang berfungsi saat berakselerasi. Namun untuk melakukan deselerasi, sistem gearbox tersebut belum bisa melayani keinginan Lorenzo dan Rossi. Makanya tahun lalu, cenderung keduanya bermasalah di zona deselerasi.

Namun tahun ini, setelah Yamaha juga mengembangkan sistem full seamless transmission, para pembalap Yamaha merasa sangat positif. Tapi karena masih awal pengembangan, makanya Lorenzo menegaskan bahwa sistem ini masih belum sempurna.

“Untuk sesi tes dan balapan di Qatar nanti, sistem gearbox harus disempurnakan karena komponen itu masih sering bermasalah. Belum lagi karakter motor saat penggunaan kompon ban pada temperatur rendah,” klaim Lorenzo.

Selain itu, Lorenzo juga menegaskan bahwa overheat pada cakram rem depan juga masih perlu diperhatikan. Karena ini juga menjadi masalah besar mereka tahun lalu di beberapa sirkuit. Beruntung, sesi tes dilakukan di Sepang yang merupakan salah satu sirkuit yang cukup bagus bagi Honda.

“Ketika kami bisa mendekati pencapaian lap tercepat yang diraih oleh para pembalap Honda di sirkuit ini, berarti itu tandanya di sirkuit lain kami bisa tampil lebih kompetitif,” pungkasnya. (Spy/NM) Foto: Dorna MotoGP

Lorenzo-Seamless-2

LEAVE A REPLY

*