Paten Motor Listrik Kawasaki Beredar

1
motor listrik kawasaki

motor listrik kawasaki
Paten motor listrik Kawasaki. Foto: morebike

NaikMotor – Kawasaki tengah mendaftarkan paten sepeda motor listrik masa depannya. Dalam perhitungan pengamat, motor listrik Kawasaki tersebut akan meluncur dalam dua tahun.

Dalam dokumen paten tampak sepeda motor berpenggerak motor listrik untuk program electric-engine Kawasaki itu memiliki sistem umpan kelistrikan braking-regeneration yang rumit.

Atau dengan kata lain sepeda motor listrik Kawasaki tersebut telah dilengkapi sistem pengeremen regeneratif pada roda depannya. Sehingga setiap terjadi pengereman dan perlambatan, maka motor listrik seketika berubah menjadi generator penghasil listrik.

Listrik hasil regenerasi itu akan kembali disimpan di baterai. Demikian juga dengan hub roda depan yang dilengkapi motor listrik tambahan.

Sosok sepeda motor listrik dalam sketsa dokumen menjelaskan juga motor listrik penggerak utama yang diberi nomor 5, sementara hub depan dengan motor listrik/generator bernomor 47. ECU model bernomor 22, sementara inverter bernomor 21, inverter akan bertugas mengubah tegangan listrik dari baterai (60) ke motor (5). Sementara konverter mengubah tegangan arus bolak-balik menjadi searah dari jaringan rumah (21) agar bisa disimpan di baterai (60).

Uniknya, dalam patent tampak pada stang sebelah kiri terdapat tuas rem dan tuas tekan (32), yang diperkirakan berfungsi sebagai pengaktif sistem rem regeneratif tadi. Dan juga terdapat dial + dan – (33) untuk pengaturan seberapa besar daya yang akan diatur ECU untuk motor listrik (5). (Afid/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*